Selasa, 24 Mei 2016

Tips Mendeteksi Korsleting Pada Instalasi Listrik

Tips Mendeteksi Korsleting Pada Instalasi Listrik
Konten [Tampil]
Pada dasarnya instalasi listrik rumah sangat jauh berbeda dengan instalasi listrik gedung maupun pabrik, karena instalasi rumah sangat jauh lebih sederhana dibandingkan instalasi bangunan yang lainnya. namun, meskipun instalasi rumah lebih sederhana, tidak menutup kemungkinan terjadinya korsleting dan masalah pada listrik yang dipasang dirumah. Biasanya, masalah kelistrikan yang banyak dihadapi setiap orang adalah korslet pada listrik dan tidak banyak orang mengetahui serta mendeteksinya, sehingga akhirnya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran.

 Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara mendeteksi korslet pada listrik dan itu akan sangat membantu anda agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Umumnya, ketika terjadi sebuah korslet pada listrik, seseorang akan langsung memanggil tukang listrik untuk mengatasinya. Namun sebelum anda memanggil tukang listrik, sebaiknya anda mencoba hal hal berikut ini.
  •  Langkah pertama, matikan arus pada KWH meter milik anda.
  •  Langkah kedua, matikan arus instalasi listrik rumah anda mulai dari KWH dan juga sekreng.
  •  Langkah ketiga, matikan saklar saklar lampu yang hidup.
  • Langkah keempat, cabut semua kontak pada bagian stop kontak, hal ini bertujuan untuk menghindari korslet.
  •  langkah kelima, cek semua kabel yang berhubungan dengan instalasi listrik rumah anda mulai dari kabel yang berada disekitar ruangan hingga kabel yang berada diatas rumah, karena bisa saja kabel yang digunakan sudah rusak maupun tergigit oleh tikus yang membuat listrik rumah anda mati.
  • Langkah keenam, jika semua hal diatas sudah dilakukan, anda dapat menyalakan kembali kwh meter. dan jika kwh tetap tidak mau menyala, sebaiknya anda menghubungi petugas karena bisa jadi kwh meter anda mengalami kerusakan. Aka tetapi, jika kwh tetap berjalan, maka ada kemungkinan korsleting listrik terjadi pada bagian stop kontak, saklar yang ada dirumah. 
  • Langkah ketujuh, nyalakan satu persatu baik itu saklar dan juga stop kontak, dan jika kwh mati pada saat menyalakan bagian saklar ataupun stop kontak, maka pada bagian tersebut terjadi korsleting. 
Itulah beberapa tips yang akan sangat berguna bagi anda saat mendeteksi adanya korsleting listrik dirumah, karena pada dasarnya instalasi listrik pada rumah tidak serumit instalasi listrik gedung, karena semuanya dapat dikerjakan sendiri. namun jika anda merasa tidak mampu untuk melakukan hal tersebut, sebaiknya hubungi petugas kelistrikan untuk mengatasi masalah yang anda hadapi.