Rabu, 22 Juni 2016

Berbagai Reklamasi Yang Akan Berjalan Di Indonesia

Berbagai Reklamasi Yang Akan Berjalan Di Indonesia
Proses reklamasi atau penimbuhan air laut yang dirubah menjadi lahan atau tempat tinggal atau pun berbagai keperluan lainnya dalam membangun berbagai keperluan seperti untuk peningkatan ekonomi dan yang lainnya. Dalam proyek reklamasi yang dilakukan biasanya akan turut juga berkaitan dengan budaya dan bagaimana mata pencaharian di wilayah sekitar. Melihat banyaknya dampak yang positif serta negatif dari proyek reklamasi yang dilakukan, maka berbagai reklamasi yang dilakukan menimbulkan banyak pro dan kontra dari masyarakat. Salah satunya yang sekarang ini banyak terjadi seperti proyek reklamasi teluk Jakarta.

Add caption

Disamping reklamasi teluk Jakarta terdapat juga proyek reklamasi lain yang sedang dicanangkan untuk diadakan di Indonesia. Walaupun pada sebagian reklamasi ini mendapat pro dan kontra dari berbagai pihak, namun rencana yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia ini telah bnyak diketahui oleh masyarakat secara umum. Dan berikut ini diantara berbagai berbagai proyek reklamasi yang kemungkinan akan dilaksanakan di Indonesia.

Reklamasi teluk Benoa Bali. Rencana pembangunan reklamasi di teluk Benoa Bali ini bagi sebagian pihak mendatangkan penolakan karena dikhawatirkan akan membuat kerusakan ekosistem, akan tetapi dilain pihak justru dalam reklamasi ini dianggap akan sangat membantu terutama dalam perkembangan pariwisata di pulau Bali. Apalagi dalam proyek yang akan dilakukan ini menurut salah satu memanfaatkan lahan teluk yang sudah rusak dan harus segera diperbaiki.

Reklamasi pantai Losari, Makasar. Seperti halnya di daerah lain proyek reklamasi di Makasar ini juga tidak luput dari pro dan kontra. Proyek reklamasi yang dilakukan di Makasar ini pun telah gencar dilakukan bahkan sejak awal tahun 2000 an. Meskipun begitu adanya penolakan dari sebagian pihak terutama dalam izin dan mekanisme dalam proyek yang dilakukan, proyek reklamasi ini masih menjadi perbincangan di masyakarat.

Proyek reklamasi pelabuhan Semayang, Balikpapan. Tidak sebesar berita dari proyek reklamasi lainnya, pada proyek reklamasi ini telah dimulai pada awal tahun 2016 dan diproyeksikan akan selesai pada tahun 2024. Pengembang yang akan melakukan reklamasi ini pun melibatkan banyak perusahaan dengan nilai investasi yang mencapai puluhan triliun rupiah.

Proyek reklamasi untuk perluasan Bandara Ahmad Yani, Semarang. Pada proyek reklamasi ini memiliki tujuan yang berbeda dari proyek reklamasi secara umum di daerah lain. Pada proyek ini bertujuan khusus sebagai perluasan pada Bandara Ahmad Yani Semarang, sehingga dalam pengembangan yang dilakukan semuanya dibawahi perusahaan pengembang oleh PT Angkasa Pura.