Rabu, 06 Juli 2016

Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit
Konten [Tampil]
Anak merupakan titipan dari Allah yang harus dijaga, dirawat, dan dipenuhi segala kebutuhannya, baik kebutuhan jasmani maupun rohaninya. Saat anak mengalami gangguan kesehatan, maka semua orang tua pastinya merasakan kekhawatiran yang sama. Agar anda bisa tenang menghadapi permasalahan seperti itu, maka kuncinya adalah ilmu tentang kesehatan anak yang harus terus dipelajari dari berbagai sumber, mulai dari internet, buku, dan pengalaman orang tua. Ada banyak hal positif yang perlu ditanamkan pada buah hati agar tidak mudah sakit, seperti membiarkannya untuk aktif dengan berbagai aktivitas fisik, mengatur pola makannya, dan memperhatikan pola istirahatnya. 


Sebagai panduan, berikut ini kami hadirkan tips cara menjaga kesehatan anak agar tidak mudah terserang penyakit:
  • Atur pola makannya

Mengatur pola makan tidak hanya terbatas pada jadwal makan, namun juga anda harus memastikan terpenuhinya kebutuhan nutrisi, vitamin dan zat penting lainnya yang terdapat dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, porsi makan juga harus anda sesuaikan dalam porsi yang ideal, jangan sampai berlebihan atau juga kurang. Hal ini bisa membantu kesehatan anak tetap terjaga.
  • Menjaga kebersihannya

Salah satu hal yang bisa mengganggu kesehatan anak adalah kuman dan bakteri yang timbul pada saat anak bermain di luar. Dalam keadaan yang kotor, kuman dan bakteri akan berkembang biak dengan cepat. Maka dari itu anda bisa membuat anak tetap bersih dengan cara menjaga kebersihan dan kesehatan giginya, menjaga kebersihan kuku dan anggota tubuh lainnya, dan menjaga kebersihan pakaiannya.
  • Cukup istirahat

Istirahat merupakan proses yang penting untuk meringankan beban otak. Selain itu, pertumbuhan tubuh juga akan terjadi saat waktu istirahat. Waktu tidur yang ideal bagi buah hati adalah 8 jam.
  • Cepat bertindak

Saat anak terkena beberapa gejala seperti sakit kepala, batuk, demam, atau penyakit lainnya maka anda harus segera bertindak melakukan pertolongan pertama. Namun pastikan anda tetap tenang agar semua berjalan dengan baik.

Itulah 4 cara menjaga kesehatan buah hati, semoga bermanfaat.