Kamis, 25 Agustus 2016

Sayur Asem Kacang Merah

, ,
Sayur Asem Kacang Merah
Konten [Tampil]
Apakah anda pernah mendengar kacang merah. Kacang merah yang terkenal dengan sebutan red bean ini memiliki kandungan vitamin, mineral dan juga serat yang baik bagi kesehatan. Kacang merah di beberapa daerah digunakan sebagai campuran dalam es campur. Namun banyak dari anda memanfaatkan kacang merah untuk memasak sup kacang merah yang lezat. Sebagai variasi berikut ini resep masakan enak dari kacang merah lainnya.


Resep masakan enak kali ini akan dibahas resep sayur asem kacang merah. Kacang merah dipilih karena memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan anda dan keluarga. Sedangkan mengapa dipilih sayur asem karena sayur asem memiliki rasa yang lebih segar dengan kuah yang memiliki rasa asam yang menyegarkan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sayur asem kacang merah antara lain, 250 gram tulang sapi yang dipotong kecil. Tulang sapi dipilih untuk membuat kaldu sapi yang lezat untuk sayur asem kacang merah.

Kemudian 1 lembar daun salam, kemudian 100 gram kacang merah yang sudah direbus hingga empuk. Fungsi perebusan selain membuat tekstur kacang lebih empuk juga membuat bau langu dari kacang merah hilang. Kemudian garam secukupnya, 5 sdm air asam jawa, kemudian 1 batang daun seledri anda iris halus dan terakhir 700 ml air. Sedangkan untuk bumbu halusnya, anda bisa menyiapkan 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 butir kemiri, 4 buah cabe merah anda bisa tambahkan atau kurangi sesuai selera anda dan terakhir lengkuas yang digeprek supaya aroma lengkuas dapat keluar dan membuat masakan anda lebih lezat. Semua bumbunya dihaluskan. Cara memasaknya cukup sederhana. Pertama-tama rebus tulang sapi hingga menjadi kaldu. Kemudian semua bahan dimasukkan ke dalam panci. Kemudian bumbu halus tadi dimasukkan ke dalam panci. Setelah itu cicipi dan koreksi rasanya.

Resep masakan enak sayur asem kacang merah ini enak jika dimakan selagi hangat. Apabila anda tidak punya waktu merebus tulang sapi, anda bisa menggantinya dengan kaldu dari PT.Nestle Indofood Citarasa Indonesia.