Kamis, 15 September 2016

Asupan Kalsium Pentingnya Bagi Tumbuh Kembang Anak

Asupan Kalsium Pentingnya  Bagi Tumbuh Kembang Anak
Konten [Tampil]
Usia anak merupakan dimana seseorang sedang berada pada masa pertumbuhan, yang mana anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik bagi tubuhnya. Salah satu nutrisi yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak adalah kalsium. Kalsium mempunyai banyak sekali manfaat bagi pertumbuhannya, diantaranya dapat membangun tulang dan gigi yang kuat, membantu dalam proses pembekuan darah, baik bagi perkembangan saraf dan otot serta dapat mengaktifkan enzim yang bisa mengubah makanan menjadi energi. Agar tumbuh kembang si kecil dapat berjalan secara optimal, pastikan anda memberikan asupan kalsium yang cukup bagi si kecil. Untuk anak usia 1 sampai dengan 3 tahun, anak membutuhkan 700 mg kalsium per harinya. Sedangkan untuk anak usia 4 sampai dengan 8 tahun, anak membutuhkan 100 mg kalsium per harinya.

Setelah mengetahui pentingnya kalsium untuk tumbuh kembang anak, maka dari itu para orang tua harus menyediakan sumber makanan yang mengandung kalsium setiap harinya. Beberapa sumber makanan yang mengandung kalsium yang cukup tinggi adalah susu, yogurt, tahu, keju, roti gandum, bayam, lobak, sereal yang diperkaya kalsium, puding buatan sendiri dan minuman sari kedelai yang diperkaya dengan kalsium. Agar anak mendapatkan kalsium yang cukup, beberapa cara ini bisa anda lakukan dalam menyajikan makanan kepada anak anda.

Jika anda menyiapkan sereal untuk sarapan si kecil, pastikan anda mencampurkannya dengan susu bukan dengan air. Apabila sarapannya menggunakan roti, anda bisa menambahkan keju di dalamnya.
Jika anda ingin membeli produk susu anak, belilah produk susu yang mengandung kalsium dua kali lebih banyak dari susu biasa.
Jika anak anda suka dengan salad buah, tambahkanlah yogurt diatasnya
Jangan lupa untuk memberi asupan nutrisi vitamin D, karena vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium pada tubuh.

Bagaimana? Penting bukan asupan kalsium pada anak? Dengan asupan kalsium yang cukup, maka diharapkan tumbuh kembang anak dapat berjalan secara optimal. Jika anak anda kekurangan kalsium banyak sekali gangguan pada tubuh yang mungkin saja terjadi, seperti gangguan pertumbuhan, kelainan tulang belakang dan kelainan pada gigi. Dengan begitu, pastikan anak mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Semoga bermanfaat!