Rabu, 07 September 2016

Cara Belajar Membaca yang Menarik untuk Anak

Cara Belajar Membaca yang Menarik untuk Anak
Konten [Tampil]

Bila anda sedang mencari cara belajar membaca yang tepat bagi anak anda, ada beberapa cara yang bisa anda pilih. Cara-cara berikut adalah cara sederhana. Walau sederhana, cara ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membantu anak anda dalam belajar. Dalam hal ini, yang pertama yang perlu anda perhatikan adalah mengenai peran anda. Sebagai orang tua, anda tidak seharusnya memposisikan sebagai guru yang sekedar mengajari. Jauh lebih baik bila anda menjadi sosok yang menemani sekaligus mendampingi anak anda. Untuk itu, anda tidak boleh terlalu memaksakan anak anda untuk belajar. Anda perlu membangun situasi yang nyaman bagi anak anda. Situasi yang nyaman pastinya akan membuat anak anda merasa nyaman dan ini akan membuat anak anda belajar dengan jauh lebih baik baik dan efektif.

Setelah itu, anda bisa memulai dengan mencari media belajar. Ada banyak sekali media belajar membaca yang bisa anda pilih. Salah satunya adalah dengan buku cerita. Bila anak anda merupakan seorang anak yang senang dengan berbagai cerita, anda bisa membelikan buku cerita khusus untuk anak yang sedang belajar membaca. Buku belajar membaca ini sudah dibuat agar mudah dipelajari. Anda bisa membacakan cerita tersebut, lalu mulai belajar dengan beberapa kata yang ada.

Selain itu, anda bisa mencarikan media belajar berupa gambar dan huruf. Media belajar ini bisa menjadi media yang tepat. Anda tidak harus membeli. Anda bisa membuatnya sendiri. Anda bisa mencarikan gambar-gambar benda dan binatang kesayangan anak anda. Dari daftar benda dan binatang yang ada, anda bisa membuat urutan berdasarkan tingkat kesulitan, misalkan panjang tulisan yang ada. Anda perlu memulai dari gambar dengan huruf yang pendek. 

Tentu saja, anda perlu mendampingi dengan penuh kesabaran dan tetap berusaha agar anak anda tetap senang. Bila anda melihat anak anda mulai merasa bosan atau tidak senang, anda bisa mengambil jeda dan memberikan selingan. Tentunya, anda tidak perlu memaksakan anak anda. Lebih baik bila anda tetap sabar dalam mendampingi anak anda dan membantu anak anda agar tetap tekun mencoba dan belajar. Secara perlahan, dengan cara belajar membaca tersebut, anak anda akan semakin terbantu dalam membaca.