Rabu, 07 September 2016

Inilah Jenis Makanan Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

,
Inilah Jenis Makanan Untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak Semua orang tua tentunya menginginkan buah hati tumbuh tinggi dan sehat. Jika sebelumnya kebanyakan orang beranggapan bahwa tinggi badan anak bergantung pada genetika orang tuanya, namun ternyata faktor asupan makanan juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Sebagai orang tua, anda bisa memaksimalkan tumbuh kembang buah hati dengan memberinya asupan makanan bernutrisi. Hal ini dikarenakan di masa pertumbuhannya, anak membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dari orang dewasa. Jangan sampai anak melewatkan waktu makannya untuk mengontrol nafsu makannya, karena jika anak melewatkan jam makan, maka ia akan jajan sembarangan untuk mengatasi rasa laparnya, dan saat ini ada banyak jajanan yang dibuat dari bahan berbahaya dan terdapat di sekolah serta di tempat lainnya. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati:

Telur

Bahan makanan yang sangat mudah dijumpai ini merupakan sumber protein dan memiliki kandungan nutrisi paling lengkap jika dibandingkan dengan makanan sumber protein lainnya. Bagian putih telur menjadi bagian yang kaya akan protein. Bagi anak yang memiliki risiko alergi, maka anda tidak boleh memberikan telur sebelum ia berusia 2 tahun.

Susu

Sejak dulu susu dikenal sebagai minuman sehat yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Susu mengandung asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk protein alami dalam tubuh. Apalagi bagi anak berusia di atas 2 tahun yang tidak lagi mengkonsumsi ASI maka ia harus tetap meminum susu anak karena susu merupakan sumber protein yang sangat baik.

Makanan laut

Aneka makanan laut (seafood) seperti udang, kepiting, ikan salmon, agar-agar, teripang dan lainnya merupakan sumber protein hewani yang sangat baik dan diperlukan oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Protein yang berasal dari makanan laut sangat mudah dicerna oleh tubuh, termasuk oleh sistem pencernaan buah hati. mengkonsumsi makanan laut dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai hijau yang banyak dijadikan sebagai camilan sehat dan sangat baik untuk buah hati. hal ini dikarenakan edamame mengandung protein yang lebih banyak dari daging sapi, dan edamame tidak mengandung lemak jenuh. Selain dapat dinikmati langsung, anda bisa menambahkan edamame ke dalam sup atau salad sayur sebagai menu makanan buah hati.
Itulah beberapa jenis makanan yang bisa anda sajikan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati.