Selasa, 06 September 2016

Tips Mengajarkan Membaca Pada Buah Hati

Tips Mengajarkan Membaca Pada Buah Hati
Konten [Tampil]

Kemampuan membaca pada buah hati merupakan kemampuan dasar yang harus diajarkan dengan benar, tidak hanya di sekolahnya namun juga anda harus memulainya sejak dini di rumah dengan cara belajar yang menyenangkan. Sebagai orang tua, anda memegang banyak peranan, yaitu sebagai guru yang mengajarkannya nilai-nilai kesopanan, agama, termasuk membimbingnya belajar membaca dan menulis. 

Meskipun anda sudah memasukkan buah hati ke sekolah untuk anak berusia dini, namun anda tidak bisa mengandalkan pembelajaran di sekolah saja tanpa diulang dan diingatkan lagi di rumah. Apalagi saat ini ada banyak media yang bisa digunakan untuk belajar, seperti berbagai aplikasi menyenangkan di ponsel pintar anda, video pembelajaran di situs youtube, dan lain-lain. Berikut ini beberapa cara menarik mengajarkan membaca pada buah hati:

Buat beberapa kategori kata

Untuk langkah awal belajar membaca, anda bisa menyiapkan karton dan spidol, lalu buatlah beberapa kata yang dibagi dalam 3 kategori, seperti kategori A, B, dan C. Misalnya di kategori A anda menuliskan kata Ayah, Ibu, Nenek, Kakek, Tante, dan lainnya. dan di kategori B kata Jambu, Pisang, durian, Jeruk, dan Apel. Sedangkan di kategori C anda menuliskan nama binatang seperti Angsa, Kambing, Kuda, Kelinci, Gajah.

Ajarkan buah hati membaca kata berdasarkan kategori

Anda bisa menyuruh buah hati mengambil kartu paling depan dalam tumpukan pertama, yakni kategori A, dan anda bisa membacakan secara perlahan dan ajak buah hati untuk menirukannya. Anda tidak perlu menjelaskan arti dari kata yang dibaca, mengajarkan kata ini tidak boleh lebih dari 2 detik, dan anda bisa menyuruhnya lagi untuk mengambil kartu dari belakang tumpukan dan lakukan lagi sebagaimana langkah awal. Sambil membimbingnya belajar membaca, anda bisa memperhatikan ekspresi buah hati, perhatikan kata mana yang disukai dan tidak disukainya. Jika telah membaca lima kata, anda bisa menghentikan pelajaran, lalu peluk dan cium buah hati serta berilah pujian atas kesungguhan ia belajar.

Itulah 2 cara mudah dalam mengajarkan membaca pada buah hati, selamat mencoba!