Rabu, 14 September 2016

Tips Menyusun Daftar Menu Masakan Harian

Tips Menyusun Daftar Menu Masakan Harian
Konten [Tampil]

Makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Jaman prasejarah dulu, manusia memakan makanan dengan pengolahan yang sangat sederhana. Namun seiring berkembangan jaman, pengolahan makanan saat ini sangat beragam. Mulai dari digoreng, dibakar, dipanggang, direbus dan lain sebagainya. Jenis masakannya pun saat ini bervariasi. Banyak pilihan. Saking banyaknya hingga seringkali kita merasa kebingungan apa yang akan dihidangkan untuk keluarga kita. Karena itulah, sebaiknya anda mulai menyusun daftar menu masakan harian untuk keluarga agar anda tidak merasa bingung.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyusun daftar menu masakan anda :

Memutuskan jumlah jenis masakan
Dalam hal ini, yang dimaksud adalah anda harus memutuskan berapa banyak jenis masakan yang akan anda hidangkan pada hari itu. Misalnya untuk pagi hari menunya adalah nasi goreng sosis, lalu siangnya sayur sup dengan sambal terasi dan lauk tempe sementara untuk makan malamnya adalah semur ayam, tumis kecambah sawi dan udang goreng tepung.

Membuat daftar lauk
Untuk anda yang baru belajar memasak sehingga membuat daftar lauk anda menjadi sedikit (kurang dari 10), anda dapat mencari resep lauk yang lain lewat berbagai sumber, misalnya lewat internet, resep warisan ibu atau buku resep

Membuat daftar sayuran untuk dimasak
Pastikan daftar yang anda buat tersebut berisikan sayurang bergizi dan bervariasi sehingga keluarga tidak merasa bosan dengan sayur yang itu-itu saja.
Membuat daftar menu tambahan untuk penyempurnaan
Menu tambahan ini misalnya sambal, kerupuk, acar dan lain-lain.
Memasangkan sayur dan lauk
Supaya tercipta perpaduan yang pas, jangan memasangkan sayur dengan lauk yang berbahan sejenis. Sebaiknya jangan terlalu sering memasangkan masakan yang teknik pengolahannya sama.
Chek kembali daftar menu yang telah anda buat dan pastikan sudah memenuhi konsep ‘4 sehat 5 sempurna’.
Jika dalam keluarga terdapat balita atau lansia, pastikan untuk menyesuaikan kebutuhan mereka juga.

Setelah anda selesai menyusun daftar menu masakan harian tersebut, tempelkan di dapur di tempat yang sekiranya mudah terlihat seperti misalnya di kulkas atau di diding dapur. Bagi anda yang merupakan pemula dalam dunia memasak, anda tidak perlu khawatir. Karena NICI kini menghadirkan bumbu instan dengan varian yang berbeda dan bermacam-macam untuk masakan anda. NICI adalah perusahaan yang menghadirkan produk-produk bumbu masakan untuk membantu para pemula untuk menghidangkan masakan yang lezat untuk keluarga tercinta.