Selasa, 08 Januari 2019

Peranan PT Kaltim Parna Industri di Ekonomi Nasional

Peranan PT Kaltim Parna Industri di Ekonomi Nasional
PT Kaltim Parna Industri
PT Kaltim Parna Industri
PT Kaltim Parna Industri adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang petrokimia, dalam hal ini adalah produsen amoniak. Dengan visinya sebagai perusahaan amonia terefisien di dunia, perusahaan ini terbukti mempunyai banyak peran bagi perkembangan perekonomian nasional. 

Tekadnya sebagai perusahaan yang peduli kualitas, keselamatan dan kesehatan lingkungan, mengantarkan perusahaan sebagai salah satu perusahaan raksasa yang berkembang tidak hanya di Indonesia bahkan di Australia, singapura, asia tenggara dan asia pasifik. Dengan perkembangan yang begitu signifikan maka proses perekonomian yang ada di dalam negeri juga meningkat secara drastis dan Indonesia menjadi salah satu Negara yang diperhitungkan di tingkat internasional.

Bukti bahwa PT Kaltim Parna Industri Pada memiliki peran penting pada perkembangan perekonomian adalah dengan melirik pasar dunia yang diajak berinvestasi di dalam perusahaan, saat ada pihak yang mau berinvestasi melalui perusahaan maka akan meningkatkan devisa pendapatan Negara. Selain itu perusahaan ini juga menyediakan pelatihan kerja yang diikuti oleh pemuda pemudi tingkat SLTA dengan cara mengenalkan dunia industri baik di pabrik maupun di kantor. 

Dengan begitu generasi muda akan sadar tentang ekonomi dan nantinya akan berusaha mengembangkan kemampuannya di bidang industri, jika hal ini terjadi maka secara otomatis perekonomian nasional akan berkembang dan akan independen sehingga dapat menentukan langkahnya sendiri tanpa ada campur tangan pihak lain.

Peningkatan perekonomian yang dilakukan oleh PT Kaltim Parna Industri Pada tidak terpaku pada penyediaan lapangan pekerjaan saja. Akan tetapi juga pemberian pengetahuan kepada masyarakat dan usaha kerjasama dengan masyarakat lokal. Pemberian pengetahuan dapat berupa memberi keterampilan bekerja maupun pelatihan yang diharap dapat menambah kapasitas pengetahuan masyarakat karena pengetahuan yang luas akan menambah kesejahteraan terutama dalam bidang ekonomi. 

Sedangkan kerjasama perusahaan dengan masyarakat lokal ini dapat berupa kerjasama dalam penyediaan bahan baku dan penyedia lahan. Dengan begitu masyarakat tidak akan dirugikan dengan hadirnya perusahaan. Selain itu juga akan menambah kesejahteraan bagi penduduk sekitar dan dengan begitu prosentase perekonomian nasional juga pasti akan meningkat.