Sabtu, 02 Februari 2019

17 Cara Manfaatkan Kaleng Bekas jadi Pot Tanaman

,
17 Cara Manfaatkan Kaleng Bekas jadi Pot Tanaman
Konten [Tampil]
Bahan kaleng, yang bekas sekalipun, biasanya kuat dan mudah dimodifikasi jadi sangat cocok jika digunakan sebagai pot bunga. Dari kaleng susu, kaleng kopi, kaleng bekas kue, kaleng bekas cat, hingga kaleng drum minyak, semua bisa jadi pot tanaman.

Kaleng harus dibersihkan lebih dulu sebelum digunakan. Kalau khawatir karat dari kaleng akan mencemari tanah dan tanaman, anda bisa pasang plastik di bagian dalam kaleng supaya tanah tidak bersentuhan langsung dengan kaleng.
17 Cara Manfaatkan Kaleng Bekas jadi Pot Tanaman: Dari kaleng susu, kaleng kopi, kaleng bekas kue, kaleng bekas cat, hingga kaleng drum minyak, semua bisa jadi pot tanaman.

Soal penampilan kaleng, anda bisa mengecat kaleng supaya tampak baru. Pokoknya, ada banyak cara menarik untuk memanfaatkan kaleng bekas sebagai pot tanaman:

Gunakan kaleng bekas seadanya untuk tanaman lumut.
Cukup bersihkan kaleng bekas susu, lalu buat lubang di bagian bawah kaleng untuk mengeluarkan air siram. Tak butuh cat atau lainnya untuk melapisi permukaan kaleng. Pot tanaman lumut (moss) ini sudah bisa menarik perhatian.
Gunakan kaleng bekas seadanya untuk pot tanaman lumut.
Foto: homevestures

Cat kaleng sebagai aksen tambahan.
Anda bisa cat sebagian permukaan kaleng menyesuaikan warna bunga. Kemudian pajang pot tanaman ini di teras rumah,
cat sebagian permukaan kaleng menyesuaikan warna bunga. Kemudian pajang pot tanaman ini di teras rumah,
Foto: thegardenglove.com
atau cat semua permukaan kaleng untuk jadi pot tanaman yang dipajang dalam ruangan.
cat semua permukaan kaleng untuk jadi pot tanaman yang dipajang dalam ruangan.
Easy DIY Tin Can Planters. Foto: Homedit
cat semua permukaan kaleng untuk jadi pot tanaman yang dipajang di tangga
Foto: flickr

Kaleng penyok lebih menarik.
Kalau ingin tampilan pot kaleng yang lebih unik, coba buat kaleng jadi penyok. Gunakan palu untuk memukul kaleng sampai penyok, usahakan agar penyoknya terlihat alami. Lalu cat kaleng. Contoh pot bawang di bawah ini yang tampak seperti karya seni modern.
Kalau ingin tampilan pot kaleng yang lebih unik, coba buat kaleng jadi penyok.
Crushed tin can planters. Foto: cfabbridesigns

Pot gantung/tempel dari kaleng bekas.
Tutorial dari Centsational Girl menunjukkan cara mengubah kaleng bekas jadi pot gantung/tempel yang menarik, untuk memajang bunga hias di teras rumah anda.
cara mengubah kaleng bekas jadi pot gantung/tempel yang menarik, untuk memajang bunga hias di teras rumah anda.
Paint Can Planters. Foto: Centsational Girl
Strawberry planter dari kaleng bekas
Strawberry planter. Foto: wemadethat.blogspot.com

Gunakan tali rami untuk membungkus kaleng bekas.
Seperti pot tanaman herbal di bawah, dibuat dari bekas kaleng kopi yang dibungkus dengan tali rami. Kemudian beri penanda nama masing-masing herbal. Bagus sekali jika pot herbal ini dipajang di jendela dapur.
Gunakan tali rami untuk membungkus kaleng bekas.
Wrapped coffee cans planters. Foto: myhouseandhome.squarespace.com

Gunakan kain untuk melapisi kaleng bekas.
Kain atau kertas bermotif bisa juga digunakan untuk melapisi kaleng bekas supaya terlihat lebih cantik. Gunakan lem untuk menempelkan kain atau kertas pada kaleng.
Kain atau kertas bermotif bisa juga digunakan untuk melapisi kaleng bekas supaya terlihat lebih cantik.
Sabrina’s Paint Can Planter. Foto: designsponge

Kaleng roti jadi pot tanaman.
Kaleng roti atau kaleng biskuit sudah memiliki desain yang bagus, sehingga tidak banyak yang perlu dilakukan untuk mengubahnya jadi pot tanaman. Anda hanya perlu membuat lubang di bagian bawah kaleng supaya air siram bisa mengalir keluar.
Kaleng biskuit tidak banyak yang perlu dilakukan untuk mengubahnya jadi pot tanaman.
Foto: thecharmofhome.blogspot.ca
Kaleng roti jadi pot tanaman.
Foto: inspiredbycharm.com
Kaleng biskuit sudah memiliki desain yang bagus, sehingga tidak banyak yang perlu dilakukan untuk mengubahnya jadi pot tanaman.
Foto: clemmensen-brok.com
Kaleng roti sudah memiliki desain yang bagus, sehingga tidak banyak yang perlu dilakukan untuk mengubahnya jadi pot tanaman.
Foto: modvintagelife.blogspot.com

Manfaatkan drum minyak jadi pot tanaman.
Cara memanfaatkan bekas drum minyak sedikit lebih sulit dibanding kaleng lain, karena ukurannya lebih besar. Tapi keuntungannya, lebih banyak tanaman bisa ditanam di satu wadah ini.

Bunga, sayuran, hingga buah stroberi bisa ditanam di drum bekas minyak. Tapi, anda harus membersihkan drum bekas minyak sampai benar-benar bersih. Karena minyak bisa merusak unsur hara dari tanah dan minyak bisa mengontaminasi tanaman.
Manfaatkan drum minyak jadi pot tanaman.
Oil Drums used as planters. Foto: zelophotoblog.com
Cara memanfaatkan bekas drum minyak sedikit lebih sulit dibanding kaleng lain, karena ukurannya lebih besar. Tapi keuntungannya, lebih banyak dan lebih besar tanaman bisa ditanam di satu wadah ini.
Foto: tripadvisor.com
membersihkan drum bekas minyak sampai benar-benar bersih. Karena minyak bisa merusak unsur hara dari tanah dan minyak bisa mengontaminasi tanaman.
Foto: All Mystery

Saya yakin masih banyak cara lain untuk memanfaatkan kaleng bekas jadi pot tanaman, karena banyak orang kreatif di luar sana. Tapi sekarang, itu saja yang saya bagikan di artikel ini.