Rabu, 20 Februari 2019

5 Alasan Kenapa Harus Memakai Oli Sintetik

5 Alasan Kenapa Harus Memakai Oli Sintetik
Konten [Tampil]
Image result for Oli Sintetik oli top 1

Tidak serta merta tanpa alasan begitu saja, kita tahu bahwa oli adalah pelumas yang melindungi mesin dari logam mesin akibat gesekan yang terjadi saat berkendara, jadi jenis oli sangat menentukan performa kendaraan bermotor.

Menggunakan jenis oli yang tepat memang sangat penting untuk membuat performa mesin mobil dapat bekerja dengan baik. Karena oli yang sesuai akan mampu memberikan manfaat sperti mengurangi gesekan antar komponen di dalam mesin dengan maksimal, diasmping  juga dapat membantu mengurangi panas mesin.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk digunakan sebagai cara memilih oli mesin yang tepat bagi kendaraan Anda saat mengganti Oli Sintetik terbaik, dengan bertujuan mengganti oli dengan tepat dalam menentukan tingkat dan jenis kekentalan pelumas mesin. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi kekentalan pelumas yang ditandai dengan kode SAE dan diikuti dengan deretan angka. Pada umumnya, angka yang ada di depan menunjukkan seberapa tingkat kekentalan oli disaat kondisi dingin. Sedangkan angka yang ada di belakang menunjukan viskositas oli disaat kondisi panas atau suhu kerja mesin.

Mengapa harus mengganti dengan Oli Sintetik terbaik, karena dalam oli sintetik ada beberapa keunggulan dibanding dengan jenis oli lainnya, diantaranya:

  1. Ketahanan temperatur yang baik, sehingga oli sintetik sangat direkomendasikan untuk cuaca panas dan juga untuk beban tinggi, mesin turbocharged, atau aplikasi yang berat.
  2. Menyalakan mesin lebih mudah pada temperatur rendah. oli sintetik memiliki kemampuan yang lebih baik untuk mengalir pada temperatur rendah.
  3. Perlindungan mesin yang lebih baik. Pelumas sintetik memiliki ketahanan yang lebih baik melawan beban berat dibanding oli lain. Kemampuan ini memungkinkan oli sintetis untuk memberikan perlindungan yang lebih baik pada kondisi ekstrem.
  4. Konsumsi oli yang lebih rendah. Oli sintetis hanya akan kehilangan sekitar 4% dari berat aslinya saat dijalankan pada suhu 400°C selama 6 jam.
Mesin lebih bersih. Tidak seperti oli mineral biasa, oli sintetik terbaik memiliki pertahanan yang lebih baik untuk tidak mudah tergeser dan rusak dengan mudah. Ini artinya, oli sintetik bisa memperlambat pembentukan kerak dan endapannya, pada komponen mesin.