Sabtu, 06 April 2019

WOW! Ini 4 Kelebihan Kolam Terpal Bulat untuk Budidaya Ikan Air Tawar

,
WOW! Ini 4 Kelebihan Kolam Terpal Bulat untuk Budidaya Ikan Air Tawar
Konten [Tampil]
Kolam Terpal Bulat
Budidaya ikan air tawar menjadi salah satu jenis usaha yang saat ini banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Budidaya ikan memang menjadi salah satu jenis usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi usaha ini tergolong mudah untuk dilakukan dan banyak panduan yang bisa Anda ikuti.

Ada banyak sekali jenis ikan air tawar yang bisa dibudidayakan. Salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dibudidayakan adalah ikan lele. Budidaya ikan lele sangat menggiurkan. Ikan lele termasuk jenis ikan air tawar yang sangat mudah untuk dipelihara dan memberikan keuntungan besar ketika dipanen. Perawatan ikan lele juga tergolong mudah dan setelah panen juga jenis ikan ini mudah untuk dijual kembali.

Saat ini, fasilitas untuk melakukan budidaya ikan juga sudah semakin canggih. Media untuk memulai budidaya ikan sudah semakin lengkap dan praktis digunakan. Salah satunya adalah media kolam yang praktis berupa kolam terpal bulat. Kolam terpal ini menjadi salah satu media budidaya ikan yang sangat difavoritkan oleh masyarakat Indonesia sekarang.

Kelebihan Memakai Kolam Terpal

Dulu budidaya ikan mungkin hanya bisa dilakukan lewat kolam permanen. Kolam untuk budidaya biasanya dibuat dari semen atau dari tanah yang digali membentuk kolam. Namun, saat ini ada jenis kolam yang jauh lebih praktis untuk digunakan jika Anda ingin melakukan budidaya ikan. Untuk jenis ikan air tawar, Anda bisa menggunakan kolam terpal bulat.

Kolam terpal bulat merupakan kolam yang terbuat dari bahan terpal yang kuat dan berbentuk bulat. Kolam jenis ini sekarang banyak sekali digunakan untuk budidaya ikan. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh kolam terpal bulat sebagai media budidaya ikan. Berikut adalah 4 kelebihan yang dimiliki oleh kolam terpal bulat:

Hemat Tempat

Kolam terpal bulat adalah jenis kolam yang hemat tempat. Anda bisa menggunakan kolam terpal di lahan yang sempit sekalipun. Bahkan banyak yang memasang kolam terpal di teras rumah. Jadi, walaupun Anda tidak punya halaman yang luas Anda tetap bisa melakukan budidaya ikan dengan kolam terpal.

Mudah Dipasang

Kolam terpal sangat mudah untuk dipasang. Jika Anda membeli kolam ini, Anda sudah mendapatkan terpal dan kerangka kolam. Pemasangan kerangka dan terpal sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Jadi, Anda bisa langsung memulai budidaya ikan dengan cepat.

Muat Banyak Ikan

Kolam terpal bulat bisa memuat lebih banyak ikan. Anda bisa memelihara ikan dalam jumlah yang banyak hanya dengan menggunakan kolam terpal bulat yang berukuran kecil. Bahkan kolam terpal bulat dengan diameter yang kecil bisa memuat hingga ribuan ekor ikan lele jadi penggunaan kolam ini bisa dibilang jauh lebih efektif dan efisien.

Menciptakan Kualitas Hidup Ikan yang Baik

Kolam terpal yang bulat bisa menciptakan kualitas hidup yang baik untuk ikan yang dipelihara. Ikan-ikan yang dipelihara di kolam terpal bulat bisa tumbuh sehat dengan ukuran badan yang besar. Walaupun dalam satu kolam ada banyak ikan yang dipelihara, namun setiap ikan bisa tumbuh sehat dan semua ikan bisa tumbuh seragam.

Itulah tadi 4 kelebihan kolam terpal bulat sebagai media untuk budidaya ikan air tawar. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan, Anda bisa menggunakan kolam terpal bulat. Kolam terpal ini sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun juga cukup terjangkau. Selain praktis, penggunaan kolam terpal bulat juga tidak membutuhkan modal yang besar.