Senin, 08 April 2019

Tips Mengendarai Mobil Matic di Jalan Raya Bagi Pemula

, ,
Tips Mengendarai Mobil Matic di Jalan Raya Bagi Pemula
Konten [Tampil]
Mengendarai Mobil Matic
Tips Mengendarai Mobil Matic di Jalan Raya Bagi Pemula - Meskipun belajar mengemudi otomatis tidak serumit belajar mengemudi mobil transmisi manual, namun masih ada juga yang perlu anda ketahui. Dengan belajar tentang proses yang terlibat dalam mengemudi, maka Anda bisa menjadi pengemudi yang lebih aman dan lebih sukses. Tips Mengendarai Mobil Matic berikut akan membantu membuat proses belajar sedikit lebih mudah.

Pedal Gas dan Rem


Di mobil otomatis, hanya ada dua pedal. Pedal di kanan adalah gas, dan yang lebih lebar di kiri adalah rem. Tekan sedikit pada mereka dengan kaki kanan Anda untuk mendapatkan gambaran bagaimana perasaan mereka.

Kolom dan Kontrol Kemudi


Sekarang lihat tangan Anda. Roda kemudi jelas tepat di depan Anda, tetapi luangkan waktu sebentar untuk menemukan sinyal belok dan wiper kaca depan. Mereka sering di sebelah kanan setir, tetapi tergantung pada buatan mobil Anda, mereka mungkin di sebelah kiri.

Gear Shifter


Di mobil otomatis, shifter gir dapat diletakkan di lantai di antara kursi atau di kolom kemudi. Apa pun itu, Anda mungkin akan melihat beberapa huruf dan angka mengalir di sisi shifter. Yang di atas diberi label 'P' untuk taman. Jika mobil mati, di sinilah shifter akan berada. Yang berikutnya adalah 'R' untuk mundur, diikuti oleh 'N' untuk netral dan 'D' untuk drive.

Tergantung pada mobilnya, mungkin ada beberapa angka (1, 2, dan mungkin 3) di bawah 'D'. Ini ada sehingga Anda dapat menempatkan mobil secara manual di gigi yang lebih rendah jika perlu. 'P,' 'D,' dan 'R' akan mencukupi untuk  semua kebutuhan mengemudi Anda.

Sekarang setelah Anda terbiasa dengan kontrol, Anda siap untuk berlatih mengemudi. Carilah tempat yang tidak banyak macet, seperti tempat parkir kosong atau jalan tanah. Kemudian ikuti langkah-langkah sederhana ini.

Mulai Mobil


Untuk menyalakan mobil untuk pertama kalinya, dua hal perlu terjadi: mobil harus di parkir dan Anda harus menginjak rem. Jadi, dengan kaki kanan di rem dan mobil di parkir, putar kunci dan nyalakan mobil.

Anda harus terbiasa hanya menggunakan kaki kanan untuk rem dan gas. Ini agar Anda tidak terbiasa mengendarai rem, yang berarti Anda meletakkan kaki Anda pada pedal rem bahkan ketika Anda tidak berhenti.

Berkendara Maju


Dengan kaki Anda masih menginjak rem, gerakkan shifter mobil ke D untuk berkendara. Akan ada tombol di suatu tempat di shifter yang perlu Anda tekan untuk memindahkan shifter keluar dari taman. Setelah mobil dalam perjalanan, perlahan-lahan lepaskan rem.

Anda akan merasakan mobil mulai bergerak  jika Anda tidak menginjak gas. Maju dan tekan gas perlahan untuk mempercepat. Mobil Anda akan secara otomatis bergeser melalui gigi saat Anda meningkatkan kecepatan Anda.

Melambat dan Berhenti


Untuk memperlambat, Anda hanya perlu menekan rem dengan kaki kanan Anda. Meskipun mobil sudah dalam keadaan gigi, Anda tidak akan kesulitan memperlambatnya. Membiasakan diri dengan seberapa besar tekanan yang harus diaplikasikan dengan rem datang dengan latihan.

Jika Anda ingin memastikan Anda menerapkan cukup untuk memperlambat mobil pada waktunya untuk berhenti di mana Anda membutuhkannya, tetapi Anda ingin menghindari membanting rem kecuali Anda berada dalam situasi yang serius dan harus berhenti tiba-tiba.

Membalikkan Mobil


Untuk mengemudi secara terbalik, cukup hentikan mobil. Dengan kaki Anda masih menginjak rem, geser mobil ke R untuk mundur. Kemudian angkat kakimu dari rem dan letakkan di atas pedal gas. Mobil akan melaju mundur. Mengemudi mobil otomatis itu mudah begitu Anda terbiasa. Ikuti langkah-langkah di atas dan beri diri Anda banyak waktu untuk berlatih. Anda akan berada di jalan dalam waktu singkat.