Rabu, 29 Mei 2019

10 Manfaat Sehat Buah Alpukat untuk Tubuh Sehat

,
10 Manfaat Sehat Buah Alpukat untuk Tubuh Sehat
Konten [Tampil]
Umumnya, kandungan utama buah alpukat adalah karbohidrat, tapi alpukat dipenuhi oleh lemak sehat. Keunikan ini menjadikan alpukat memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan.
Manfaat kesehatan dari buah alpukat bisa didapat secara penuh dari alpukat yang dimakan mentah (tanpa dimasak).

Kandungan utama alpukat adalah karbohidrat, tapi alpukat dipenuhi oleh lemak sehat.
Manfaat kesehatan dari buah alpukat bisa didapat secara penuh dari alpukat yang dimakan mentah (tanpa dimasak).

Kandungan utama alpukat adalah karbohidrat, tapi alpukat dipenuhi oleh lemak sehat.   Manfaat kesehatan dari buah alpukat bisa didapat secara penuh dari alpukat yang dimakan mentah (tanpa dimasak).

10 Khasiat dan Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

1. Penyerap nutrisi
Beberapa jenis nutrient bersifat "fat soluble", yang artinya nutrient tersebut harus dikombinasikan dengan lemak sehat agar bisa dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Dalam hal ini, alpukat yang mengandung banyak lemak sehat, bisa membantu tubuh menyerap 2 hingga 15 kali lipat nutrient dari buah dan sayuran, jika buah dan sayuran itu dikombinasikan dengan alpukat.
Karena itu, alpukat tidak hanya kaya nutrisi, tapi juga membantu tubuh menyerap nutrisi dari buah dan sayuran lain yang dimakan bersamaan.

2. Kesehatan mata
Selain meningkatkan penyerapan anti-oksidan dari makanan lain, alpukat sendiri kaya akan anti-oksidan seperti Lutein dan Zeaxanthin. Anti-oksidan tersebut melindungi kesehatan mata, mengatasi katarak, serta mengatasi penyakit mata yang berhubungan dengan pertambahan umur dan degenerasi makula.

3. Kesehatan tulang
Lutein dan zeaxanthin dari alpukat juga bisa mengurangi resiko kerusakan tulang rawan (salah satu gejala osteoartritis). Selain itu, alpukat juga mengandung banyak mineral penting lain termasuk zinc, fosfor, kalsium, dan selenium. Semua nutrisi tersebut berkaitan dengan pengurangan resiko osteoporosis, dan peningkatan kadar mineral dalam tulang.

4. Kesehatan ginjal
Alpukat mengandung banyak potasium yang bermanfaat untuk tubuh. Potasium adalah aspek kunci dalam menjaga keseimbangan cairan melalui saluran kimia untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan ini sangat penting untuk menjaga fungsi ginjal, karena ginjal menangani pergerakan cairan dan racun dalam tubuh.

5. Anti-kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa karotenoid dan lemak monounsaturated dalam alpukat bisa mencegah kanker prostat, dan menurunkan efek samping kemoterapi dalam sebagian sel. Alpukat juga mengandung glutathione yang melindungi sel-sel dari kanker dan efek buruk radikal bebas.

6. Kesehatan jantung
Beta-sitosterol, yang ditemukan dalam alpukat membantu menjaga kadar kolesterol sehat. Penelitian menunjukkan bahwa makan alpukat bisa meningkatkan kandungan antiatherogenic dalam HDL kolesterol, yang membantu menjaga jantung dari atherosclerosis (penyakit arteriosclerotic vascular).
Kadar potasium tinggi dari alpukat juga bisa membantu mengatasi hipertensi. Potasium adalah vasodilator yang bisa membuat pembuluh darah dan arteri relaks, sehingga bisa mengurangi resiko penggumpalan darah, serangan jantung, dan stroke. 
                                                                         
7. Membantu meredakan gejala artritis
Ada banyak jenis artritis, dan umumnya merupakan masalah kronis yang harus diderita seumur hidup. Banyak penelitian sudah menunjukkan bahwa ekstrak alpukat bisa mengurangi gejala artritis pada tulang (osteoarthritis).
Alpukat juga mengandung banyak anti-inflamasi seperti phytochemicals, flavonoid, karotenoid, phytosterols, fatty alcohols, dan asam lemak omega-3, yang bisa mengurangi peradangan dalam urat, sendi, dan otot.

8. Menurunkan kadar kolesterol  
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa:
- Mengurangi kadar kolesterol secara signifikan
- Mengurangi triglycerides darah sampai 20%
- Menurunkan LDL kolesterol sampai 22%
- Meningkatkan HDL (kolesterol baik) sampai 11%

9. Merawat liver 
Alpukat memiliki senyawa organik yang membantu meningkatkan kesehatan liver. Suatu penelitian menunjukkan bahwa alpukat bisa berperan penting dalam menguatkan dan melindungi liver dari berbagai kerusakan.

10. Menjaga kesehatan pencernaan
Alpukat kaya akan serat larut dan serat tidak larut yang membantu menjaga sistem pencernaan berjalan baik. Kedua jenis serat itu juga menstimulasi pencernaan agar nutrisi bisa diserap secara efisien dan cepat, serta bisa mengurangi gejala konstipasi dan diare.

Buah alpukat juga baik untuk mengatasi mual, muntah, dan meredakan sakit kepala selama masa kehamilan.
Intinya, alpukat adalah buah super yang kaya nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tapi nutrisi dalam alpukat bisa rusak jika alpukat tidak dikonsumsi dengan baik. Nutrisi dalam alpukat bisa rusak segera setelah buah alpukat dibelah. Karena itu, sebaiknya cepat memakan alpukat segera setelah buah dibelah.