Jumat, 14 Juni 2019

10 Manfaat Sehat Buah Nanas untuk Tubuh

,
10 Manfaat Sehat Buah Nanas untuk Tubuh
Konten [Tampil]
Manfaat sehat nanas termasuk meningkatkan kesehatan pernafasan, menguatkan tulang, meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung. Nanas juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kandungan serat yang tinggi dalam nanas juga bagus untuk membantu menurunkan berat badan.

Manfaat sehat nanas termasuk meningkatkan kesehatan pernafasan, menguatkan tulang, meningkatkan kesehatan mata, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung. Nanas juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

10 Khasiat dan Manfaat Nanas untuk Kesehatan Tubuh

1. Nanas meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Satu porsi nanas memenuhi 130 persen kebutuhan vitamin C setiap hari. vitamin C merupakan vitamin penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sakit, dan mempercepat proses penyembuhan dengan cara memerangi efek buruk radikal bebas.
Radikal bebas bisa merusak berbagai sistem organ tubuh, mengganggu fungsi organ, dan mendorong pertumbuhan sel-sel kanker.

2. Nanas baik untuk pencernaan
Nanas juga adalah sumber serat yang bisa melindungi tubuh dari konstipasi, diare, gangguan pencernaan, atherosclerosis, dan gangguan pencernaan lain. Serat dalam nanas menstimulasi lambung untuk membantu penyerapan makanan.
Serat juga membersihkan pembuluh darah dan mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

3. Nanas baik untuk kesehatan mata
Nanas mampu menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari kerusakan akibat degenerasi makular yang banyak dialami oleh orang tua. Hal ini karena kandungan vitamin C, beta karoten dan antioksidan dalam nanas.

4. Nanas menyembuhkan batuk dan demam
Selain memiliki banyak vitamin C, nanas juga mengandung enzim bromelain1) yang mampu mengurangi dahak dan lendir penyebab gangguan pernafasan dan gangguan pada rongga sinus.

5. Nanas untuk kesehatan mulut
Antioksidan dalam nanas mampu melindungi mulut dari kanker mulut, sementara kandungan astringen dalam nanas menguatkan gigi dan gusi2), mencegah rambut rontok, menguatkan otot, dan mengencangkan kulit. dengan kandungan astringen dalam nanas, buah nanas sering digunakan sebagai obat alam untuk mengatasi masalah gigi dan gusi.

6. Nanas untuk kesehatan tulang
Nanas mengandung kalsium (walau tidak sebanyak kalsium dari susu) dan mengandung mangan3) yang merupakan mineral penting untuk menguatkan tulang, menumbuhkan dan memperbaiki tulang. Satu porsi nanas bisa memenuhi kebutuhan mangan sebesar 70% per harinya. Mangan juga penting untuk mencegah osteoporosis pada wanita.

7. Nanas mencegah kanker
Nanas bisa mencegah kanker4) karena kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin A, beta karoten, bromelain, flavonoid, dan mangan. Semua vitamin dan mineral itu merupakan faktor lain dari superoksida dismutase yang penting untuk melawan kanker. Nanas bisa mencegah kanker mulut, kanker tenggorokan, dan kanker payudara.

8. Nanas untuk kesehatan Tissue and Cellular
Salah satu dari kegunaan vitamin C dalam nanas adalah kemampuannya menciptakan kolagen5). Kolagen yang diciptakan oleh vitamin C ini membantu mempercepat proses penyembuhan luka, serta melindungi luka dari infeksi. Karena itu, nanas sering dianggap sebagai buah penyembuh.

9. Nanas untuk mengatasi arthritis
Manfaat nanas yang dianggap paling penting untuk kesehatan adalah kemampuannya mengurangi radang sendi dan nyeri otot, terutama radang yang berhubungan dengan arthritis. Karena arthritis diderita oleh jutaan orang di dunia.
Nanas yang mengandung enzim bromelain6) mampu memecah protein kompleks, memiliki efek anti radang yang kuat, dan mampu mengurangi gejala arthritis.

10. Nanas menurunkan tekanan darah tinggi
Sudah disebutkan bahwa nanas mengandung banyak mineral, dan potasium merupakan salah satu jenis mineral yang paling banyak dalam nanas. Tubuh yang kekurangan potasium bisa mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Salah satu fungsi potasium7) adalah sebagai vasodilator, yang meredakan tekanan pada pembuluh darah dan mendorong sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Hal ini bisa mencegah gumpalan dari memblokir aliran darah dan mengurangi akumulasi plak dalam arteris.
Dengan tekanan darah menurun dan sirkulasi darah lancar, jantung pun terjaga kesehatannya.


Nanas juga memiliki manfaat anti radang karena kandungan bromelain yang bisa mengurangi radang parah dan mampu mengurangi pertumbuhan tumor. Bromelain dalam nanas juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi peradangan akibat luka.


Referensi:
1) http://iv.iiarjournals.org/content/19/2/417.short
2) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC437620/
3) http://ajcn.nutrition.org/content/76/1/245.short
4) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1977409/
5) http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1749-6632.1975.tb29287.x/abstract
6) http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0378874188901274
7) http://ebm.sagepub.com/content/140/3/820.short