Jumat, 05 Juli 2019

10 Fakta Penuaan Kulit untuk Mencegah Penuaan Dini

,
10 Fakta Penuaan Kulit untuk Mencegah Penuaan Dini Perlu tahu fakta penuaan kulit supaya tahu cara mencegah penuaan kulit sejak dini. Karena kulit bisa menua lebih cepat dari seharusnya jika tidak dirawat dengan baik. Tanda-tanda penuaan dini antara lain: kulit kering dan kasar, garis halus dan keriput, kulit mengendur, hyperpigmentasi, serta garis rahang dan leher yang menurun.

Kulit merupakan penanda utama kondisi kesehatan seseorang. Selain itu, kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia, serta menjadi organ pertama yang melindungi tubuh dari benda-benda asing yang bisa membahayakan tubuh.

Perlu tahu fakta penuaan kulit supaya tahu cara mencegah penuaan kulit sejak dini. Karena kulit bisa menua lebih cepat dari seharusnya jika tidak dirawat dengan baik.

10 Fakta Penuaan Kulit yang Perlu Diketahui
Dengan mengetahui fakta penuaan kulit, ciri-ciri penuaan kulit, dan penyebab penuaan kulit, maka kita akan tahu cara mencegah penuaan kulit sejak dini.

1. Kulit keriput bisa dimulai sejak umur 25
Tergantung bagaimana Anda merawat kulit selama ini. Kalau kurang perhatian pada kondisi kulit, garis-garis halus pada dahi atau garis senyum, dan garis-garis halus di sekitar area mata sudah bisa terlihat sejak umur 25.

2. Titik penuaan lebih banyak muncul pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari
Karena itu kulit wajah lebih cepat berkeriput dibanding kulit pada bagian tubuh lain. Dan karena itu pula, wajah harus mendapat perawatan ekstra dibanding bagian tubuh lainnya.

3. Sunscreen penting untuk anti penuaan kulit
Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan sunscreen setiap hari memiliki resiko penuaan kulit 24% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak biasa menggunakan sunscreen.

4. Orang berkulit cerah lebih cepat menua dibanding orang berkulit gelap
Orang yang memiliki warna mata cerah (seperti mata biru dan mata hazel), serta berkulit putih memiliki resiko kerusakan kulit akibat sinar matahari lebih tinggi dibanding mereka yang berkulit gelap. Tapi, jangan pula dengan sengaja menggelapkan kulit, karena penggelapan kulit secara tidak alami malah berresiko terkena kanker kulit.

5. Menggelapkan kulit bisa menyebabkan kulit menua lebih cepat
Ini berkaitan dengan poin 3 dan 4 di atas. Sering terpapar sinar matahari tanpa menggunakan sunscreen atau skin protection lain sudah bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, apalagi sengaja menggelapkan kulit menggunakan tanning bed. Selain penuaan dini, proses menggelapkan kulit juga bisa menyebabkan kanker kulit. So, sebaiknya pikir-pikir lagi kalau ingin pakai tanning bed.

6. Terlalu sering mencuci wajah menyebabkan kulit kering
Mencuci wajah dengan sabun lebih dari dua kali sehari bisa menyebabkan kulit kehilangan minyak alaminya. Akibatnya, kulit menjadi kering dan rentan keriput. Sebaiknya gunakan sabun wajah hanya sekali sehari, dan sisanya menggunakan bahan alami seperti minyak esensial atau susu pembersih. Hal ini bisa menjaga kelembapan alami kulit, dan membuatnya tidak cepat keriput.

7. Sering mengulangi ekspresi wajah yang sama bisa menyebabkan garis-garis halus dan keriput
Ekspresi wajah seperti menyipitkan mata, cemberut, atau manyun bisa menimbulkan garis-garis halus pada kening, kulit sekitar mata, dan menonjolkan garis senyum. Karena itu, jangan suka cemberut.

8. Tidur miring bisa menyebabkan keriput pada kulit pipi dan dagu 
Tidur miring akan menekan pipi dan dagu selama berjam-jam setiap malam, hal ini bisa memunculkan garis-garis pada kulit yang tertekan. Jika hal ini berlanjut selama bertahun-tahun, maka garis-garis itu bisa bertahan secara permanen pada kulit wajah yang selalu tertekan.

9. Gravitasi menyebabkan penurunan rahang
Pernah perhatikan, tidak? Seseorang yang berwajah bulat atau oval saat muda, bisa memiliki wajah agak memanjang dan pipi yang makin mengendur saat berumur 40 atau 50 tahun? Itu karena rahang mereka mulai menurun.

Hal ini paling sering terjadi pada orang-orang barat, dengan kontur wajah oval, terutama wanita. Makanya, operasi face-lift atau pengangkatan wajah populer di negara-negara barat. Bicara soal face-lift, di Asia juga mulai banyak yang menjalaninya. Tapi biasanya karena kulit mereka yang mengendur, bukan rahangnya.

10. Rokok dan alkohol bisa membuat kulit berkeriput lebih cepat
Rokok dan alkohol adalah musuh bagi kesehatan. Walaupun anda bukan perokok, tapi terpapar asap rokok sama buruknya dengan merokok. Sedangkan alkohol bisa menyebabkan kulit kering. Alkohol dalam minuman dan alkohol dalam produk kecantikan, sama buruknya. Jadi, jauh-jauhlah dari rokok dan alkohol.


Sekarang, karena anda sudah tahu penyebab penuaan kulit, anda bisa memperbaiki gaya hidup untuk mencegah penuaan kulit, kan?