Rabu, 03 Juli 2019

10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia

,
10 Jenis Bunga Paling Harum di Dunia
Bunga adalah hiasan untuk mata, juga bisa menambah kesan positif ke sekitarnya dengan menyebarkan aroma yang menyenangkan. Ada jutaan jenis bunga di dunia, dan semuanya memiliki aroma yang berbeda. Banyak bunga yang paling harum, walau ada juga bunga yang bau busuk.

Kenapa tiap jenis bunga memiliki aroma berbeda?
Karena, setiap bunga menghasilkan senyawa kimia yang unik (yang menyebabkan aroma) untuk mengarahkan serbuk sari dari stigma jantan ke betina. Juga, tidak semua aroma bunga menyenangkan bagi manusia. Itu tergantung pada senyawa volatil yang diproduksi di setiap bunga.

Daftar Top 10 Bunga Paling Harum Di Dunia

1. Melati (Jasmine)
Bunga melati dianggap sebagai salah satu bunga harum paling populer di dunia.
Bunga melati dianggap sebagai salah satu bunga harum paling populer di dunia. Bunga kecil yang cantik ini berasal dari daerah tropis di seluruh dunia. Melati secara luas digunakan sebagai bahan parfum, kosmetik, dan aromaterapi. Bunga melati juga sering digunakan sebagai persembahan dalam upacara.

Kalau di Indonesia, bunga melati biasanya dikeringkan untuk digunakan sebagai bahan pembuat teh melati. Walaupun di Indonesia juga ada kepercayaan bahwa bunga melati juga memiliki daya mistis, atau sering dihubungkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Tapi bunga melati tetap disukai banyak orang.

Bunga melati mekar dalam warna putih dan kekuningan. Melati adalah bunga yang bermekaran di malam hari dan menghasilkan aroma yang menenangkan di seluruh lingkungan sekitarnya. Keharuman bunga melati akan tercium makin intens saat bulan purnama.

2.  Lavender
Baik saat masih segar atau pun setelah dikeringkan, lavender tetap memiliki aroma yang sama.
Lavender adalah bunga berwarna ungu dan memiliki aroma khas yang dapat membuat anda rileks. Bunga ini sangat terkenal karena aromanya. Baik saat masih segar atau pun setelah dikeringkan, lavender tetap memiliki aroma yang sama.

Seperti halnya bunga geranium, bunga lavender juga digunakan sebagai bahan aktif dalam produk pengusir nyamuk. Menggunakan bunga lavender asli tentu akan lebih baik. Jadi, kenapa tidak mulai menanam bunga lavender di halaman rumah anda? Selain indah, harum, juga akan menjauhkan nyamuk dari rumah anda.

3. Mawar (Rose)
Mawar taman sangat harum, dengan jumlah kelopak yang banyak, serta bentuk mekar "cup" yang besar.
Mawar banyak digunakan untuk membuat parfum atau produk perawatan kulit karena harum dan mengandung vitamin C. Air mawar adalah salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan kulit yang bersinar alami. Mawar tersedia dalam banyak warna termasuk merah, merah muda, putih, dan kuning.

Setiap jenis bunga mawar memiliki aroma yang berbeda. Mawar taman sangat harum, dengan jumlah kelopak yang banyak, serta bentuk mekar "cup" yang besar. Mawar tradisional biasanya mekar terus-menerus, sedangkan mawar kubis biasanya hanya mekar sekali musim.

Mawar modern dirancang untuk memiliki ukuran bunga yang besar dan tahan lama saat dipajang dalam vas. Efek samping menyedihkan dari semua mawar hasil rekayasa ini adalah kehilangan aroma indah yang harusnya dimiliki oleh mawar. Bahkan beberapa mawar yang dibeli di toko hampir tidak memiliki aroma sama sekali.

4. Wisteria
Selama mekar, wisteria menghasilkan aroma yang menyenangkan dan manis.
Wisteria adalah tanaman merambat berbunga yang banyak tumbuh di Jepang, Korea, Cina, dan Amerika Serikat. Bunga yang menakjubkan ini mekar dalam warna ungu, merah muda, dan putih. Selama mekar, wisteria menghasilkan aroma yang menyenangkan dan manis.

Tidak semua spesies bunga wisteria menghasilkan bau. Wisteria Cina adalah jenis bunga yang aromanya paling enak dan menyenangkan. Tanaman wisteria bisa merambat naik hingga ketinggian maksimum 20 meter dan menyebar sepanjang 10 meter.

5. Lily of The Valley
Lily of The Valley memiliki aroma harum yang lembut, sehingga bunga ini banyak digunakan dalam produksi parfum.
Lily of The Valley dikenal karena keharuman dan keindahannya yang menyenangkan. Lily of The Valley adalah bunga halus yang berasal dari Amerika Serikat bagian utara. Sesuai namanya, bunga ini adalah anggota keluarga lily.

Tanaman Lily of The Valley memiliki bunga berbentuk lonceng yang menunduk. Meski ukurannya kecil, Lily of The Valley memiliki aroma harum yang lembut, sehingga bunga ini banyak digunakan dalam produksi parfum. Sebagai orang juga menggunakannya sebagai herbal untuk mengobati demam.

6. Chamomile
Bunga chamomile memiliki aroma yang manis, dan itu lebih dari cukup untuk membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.
Chamomile adalah bunga indah yang mekar di semua jenis musim. Bunga chamomile memiliki aroma yang manis, dan itu lebih dari cukup untuk membantu anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Sebagian besar orang lebih mengenal bunga chamomile sebagai bahan teh herbal, karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hmm, jadi selain bunganya cantik, aromanya harum, juga bermanfaat untuk kesehatan.

7. Selasih (Basil)
Aroma kuat yang dihasilkan dari tanaman basil bisa membuat anda rileks.
Aroma kuat yang dihasilkan dari tanaman basil bisa membuat anda rileks. Basil juga dapat meredakan batuk dan influenza. Banyak yang mengira basil sama dengan kemangi. Padahal tidak. Di Indonesia, bunga basil sebenarnya disebut “selasih”, berbeda dengan kemangi.

Tanaman basil berasal dari India tapi bisa tumbuh di daerah iklim tropis. Basil dipercaya sudah tumbuh sejak lebih dari 3000 tahun yang lalu. Namun, aroma basil bisa bervariasi tergantung dari mana basil itu dibudidayakan.

8. Eukaliptus (Eucalyptus)
Eucalyptus dapat mengisi kamar anda dengan aroma yang menenangkan dan segar.
Tanaman eukaliptus memiliki daun hijau panjang dan gelap. Bentuk bunganya yang cantik dan agak unik cocok untuk dekorasi kamar tidur anda. Eucalyptus dapat mengisi kamar anda dengan aroma yang menenangkan dan segar.

Jika anda memiliki koala sebagai hewan peliharaan, anda perlu pertimbangkan untuk memilih tanaman ini karena eucalyptus adalah diet utama koala. Jangan lupa memberi mereka cukup air untuk membuat mereka tetap hidup.

9. Chocolate Cosmos
bunga cosmos menghasilkan aroma vanilla yang enak.
Tidak seperti bunga harum lainnya, bunga cosmos menghasilkan aroma vanilla yang enak. Bunga chocolate cosmos memiliki warna coklat kemerahan. Bunga ini dinamai coklat karena warna dan aromanya mirip coklat.

Chocolate cosmos terutama ditemukan di wilayah Meksiko. Tanaman ini mekar di malam hari. Selama musim panas, chocolate cosmos menghasilkan aroma menyenangkan yang lebih intens daripada musim lainnya karena panas yang kuat.

10. Kacapiring (Gardenia)
Gardenia adalah bunga berbau lilin yang berasal dari daerah tropis
Nama Gardenia diambil dari nama ahli botani terkenal asal Skotlandia, Alexander Garden. Gardenia adalah bunga berbau lilin yang berasal dari daerah tropis di Asia Selatan, Australia dan Afrika. Gardenia adalah anggota keluarga kopi.

Bunga putih yang indah ini terkenal dengan aroma yang kuat dan menenangkan. Banyak peramu parfum menggunakan bunga gardenia sebagai bahan utamnya. Serta sering digunakan dalam upacara pernikahan karena keindahan dan keharumannya.

Gardenia juga digunakan untuk bahan campuran makanan dan kain di Jepang dan Cina. Orang-orang Cina telah lama menggunakan buah gardenia sebagai obat tradisional mereka. Meski butuh perawatan ekstra bagi yang ingin menanamnya, tapi gardenia tetap disukai karena hasilnya sepadan dengan usaha.


Apakah anda memiliki masalah dengan bau yang tidak menyenangkan di kamar tidur anda? Nah, hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan, lalu buka jendela kamar supaya udara segar bisa masuk.  Kemudian simpan pengharum di dalam kamar.

Kalau anda berpikir tentang parfum, boleh juga. Tapi lebih baik pajang bunga segar dalam pot (bukan bunga potong) yang bisa memberi aroma harum alami ke dalam kamar anda. Pilih saja satu jenis bunga harum yang paling anda suka dan mudah perawatannya.