Rabu, 10 Juli 2019

4 Jenis Rempah Sumber Awet Muda

,
4 Jenis Rempah Sumber Awet Muda
Konten [Tampil]
Tetap awet muda dengan makan rempah anti penuaan ini. Rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini memiliki nutrisi penting untuk kesehatan dan kecantikan sehingga bisa membuat kita awet muda atau menua secara anggun.

Tahu yang dimaksud dengan menua secara anggun? Yaitu tetap cantik, bugar, dan penuh semangat walau umur sudah kepala lima (50+ tahun). Karena awet muda bukan hanya tentang kulit kencang tanpa keriput, tapi juga kondisi tubuh yang sehat, bugar, dan jiwa yang percaya diri seperti anak muda.

Tapi tetap ingat umur, ya. Walaupun wajah dan tubuh anda awet muda, anda tetap harus jaga sikap sesuai umur. Keanggunan dan kebijaksanaan anda bisa membuat anda terlihat lebih cantik, dan lebih dihormati orang lain.

Kembali ke soal rempah awet muda:

Inilah 4 Jenis Rempah Memiliki Manfaat Awet Muda

1. Kayu manis
Kayu manis mengandung antioksidan, anti radang, antibiotik, dan anti mikroba.
Kayu manis mengandung antioksidan, anti radang, antibiotik, dan anti mikroba. Kayu manis mampu mengobati sakit kepala dan migraine, mencegah sakit gigi, mengobati sakit gusi, dan mencegah gigi keropos. Kayu manis juga bisa menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes.

Cara terbaik menikmati kayu manis untuk mendapatkan manfaat sehatnya adalah dengan membuat teh kayu manis, atau tambahkan bubuk kayu manis pada sup. Saat dibuat teh, jangan tambahkan gula. Kalau kayu manis dianggap tidak cukup manis, sebaiknya tambahkan madu untuk pemanis.


2. Jahe
Jahe bisa menjaga kulit elastis serta mencegah tanda-tanda penuaan. Rutin makan jahe juga bisa membersihkan jerawat dari dalam, dan mencegah jerawat muncul lagi.
Jahe mengandung mineral dan lebih dari 50 jenis antioksidan, yang membuat jahe jadi agen antiviral, anti jamur, anti bakteri, dan anti radang yang efektif. Jahe bisa membantu memperbaiki kerusakan jaringan tubuh, mencegah kanker, mengobati mual dan muntah, meredakan nyeri perut, serta menyegarkan tenggorokan.

Untuk wanita, jahe bermanfaat mengatasi gejala PMS, mengatasi kram akibat menstruasi, dan meredakan stress. Jahe bisa menjaga kulit elastis serta mencegah tanda-tanda penuaan. Rutin makan jahe juga bisa membersihkan jerawat dari dalam, dan mencegah jerawat muncul lagi.

Manfaat jahe bisa didapat dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, mentah atau dimasak, dijadikan bumbu masakan, dicampur dengan smoothie, dibuat teh jahe hangat, atau dibuat wedang jahe.


3. Kunyit
kemampuan kunyit dalam membersihkan dan melembapkan kulit, menjaga kulit tetap elastis dan cerah. Kunyit juga mampu memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan.
Kunyit mengandung banyak vitamin B6, potasium, zat besi, dan mangan. Serta mengandung senyawa unik curcuminoid yang mampu mengubah gen untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Kunyit membantu mengatasi arthritis, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, hingga melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat kesehatan dari kunyit yang jadi favorit semua wanita adalah kemampuan kunyit dalam membersihkan dan melembapkan kulit, menjaga kulit tetap elastis dan cerah. Kunyit juga mampu memperlambat pembentukan garis-garis halus dan kerutan.

Ada banyak cara untuk menikmati kunyit, mulai dari digunakan sebagai bumbu masak, dan jadi bahan jamu tradisional. Kunyit juga bisa dibuat masker wajah untuk mencegah garis halus dan kerutan, serta membuat kulit lembut dan cerah.


4. Bawang putih
bawang putih efektif mengatasi komedo dan jerawat, bahkan yang parah sekalipun. Bawang putih bermanfaat sebagai pembersih dan sebagai zat antibiotik.
Manfaat bawang putih untuk kesehatan sudah terkenal sejak ratusan tahun. Makan bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan kadar kolesterol.

Bawang putih juga bekerja baik sebagai agen antiviral dan anti jamur, serta membantu mengurangi perkembangan sel-sel kanker. Bagus juga untuk kesehatan jantung karena mampu membantu mencegah stroke dan mencegah hipertensi. Bawang putih melancarkan sistem pencernaan, dan mengatasi arthritis.

Manfaat kesehatan dari bawang putih bisa didapat dengan memakan langsung bawang putih, dimasak atau mentah, atau menggunakan bawang putih sebagai bumbu.

Dalam hal kecantikan, bawang putih efektif mengatasi komedo dan jerawat, bahkan yang parah sekalipun. Bawang putih bermanfaat sebagai pembersih dan sebagai zat antibiotik.

Bawang putih bisa digunakan dengan cara menggosokkan irisan bawang putih langsung pada bagian kulit yang bermasalah, atau campur parutan bawang putih dengan bahan lain untuk dibuat masker bawang putih.

Resep Masker Bawang Putih untuk Mengobati Jerawat

Parut atau tumbuk 3 siung bawang putih yang sudah dibersihkan, campur dengan 1 sendok madu hingga membentuk pasta seperti masker. Oleskan masker fokus ke bagian kulit yang bermasalah. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan kulit dengan air bersih.

Penggunaan masker secara rutin bisa mengobati jerawat, menghilangkan bekas jerawat, dan mencegah jerawat datang kembali.

Baca juga: 5 Resep Masker Penghilang Jerawat


Sering-seringlah menggunakan rempah-rempah tersebut untuk memperoleh manfaat anti penuaan, agar senantiasa tampil awet muda.