Sabtu, 13 Juli 2019

5 Resep Toner dan Makeup Remover Alami Buatan Sendiri

,
5 Resep Toner dan Makeup Remover Alami Buatan Sendiri
Konten [Tampil]
Makeup remover dan toner alami bisa dibuat dengan mudah dari bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Sehingga Ladies bisa yakin bahwa makeup remover (atau bahan pembersih makeup) ini alami dan benar-benar aman untuk kulit wajah. Tanpa bahan kimia, mudah, dan murah.

Air tidak cukup untuk membersihkan makeup tebal dan berbahan keras. Sementara menggunakan sabun bisa menyebabkan kulit kering. Karena itu, menggunakan makeup remover alami atau pembersih makeup alami adalah pilihan yang lebih baik.

Air tidak cukup untuk membersihkan makeup tebal dan berbahan keras. Sabun bisa menyebabkan kulit kering. Jadi, gunakanlah makeup remover alami.

Resep Makeup Remover dan Resep Toner Alami

1. Resep Alami Pembersih Kosmetik (Makeup Remover)
Bahan:
- 5 sendok extra virgin olive oil
- 5 sendok minyak jarak alami

Cara menggunakan:
Campur dua jenis minyak tersebut, lalu gunakan kapas untuk menghapus makeup pada kulit wajah. Campuran ini juga aman dan efektif untuk membersihkan makeup mata.

Setelah makeup bersih, bilas wajah dengan air bersih. Lalu gunakan toner alami untuk menghilangkan sisa minyak pada wajah. (Lihat resep toner alami di bawah)

Resep Alami Pembersih Kosmetik ini bisa bertahan selama 6 bulan jika disimpan dengan baik dalam botol bersih dan kering, dalam suhu ruangan. Makeup Remover alami ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit.


2. Resep Toner Lemon untuk Kulit Berminyak
Bahan:
- air perasan lemon dari ½ buah lemon
- ¾ gelas air putih/mineral, bersuhu ruangan/normal
- ¼ gelas air witch hazel

Cara menggunakan:
Campur semua bahan dalam satu wadah. Basahi kapas dengan toner lemon ini, kemudian oleskan ke kulit wajah seperti saat menggunakan toner biasa.

Toner lemon ini bisa bertahan satu minggu jika disimpan dengan baik. Tuang toner lemon ke dalam botol bersih, kemudian simpan di dalam kulkas. Kocok toner lemon setiap kali akan digunakan.


3. Toner Semangka untuk Kulit Kering
Bahan:
- 6 sendok makan jus semangka segar (air perasan semangka)
- 1 sendok makan madu

Cara menggunakan:
Campur air semangka dan madu. Celupkan kapas ke dalam campuran, kemudian oleskan kapas ke kulit wajah. Atau, anda juga bisa langsung mengoleskan campuran ke wajah seperti saat menggunakan masker. Biarkan 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Semangka bermanfaat melembapkan kulit dan sebagai toner alami untuk kulit wajah. Semangka bisa membuat kulit elastis, kencang, lembap, segar, dan cerah.

Anda bisa mendapatkan manfaat dari semangka dengan cara langsung memakan buah semangka, minum jus semangka, atau membuat toner semangka khusus untuk kulit wajah.


4. Resep Toner Alami untuk Semua Jenis Kulit
Bahan:
- 3 buah stroberi
- 1 sendok air mentimun
- 1 sendok air mawar

Cara menggunakan:
Blender atau parut atau tumbuk stroberi, kemudian peras, dan ambil airnya saja. Campur air stroberi, air mentimun dan air mawar hingga merata. Gunakan kapas untuk mengusapkan campuran air ke wajah. Usapkan dengan lembut untuk membersihkan sisa minyak atau sisa pembersih pada wajah. Biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih.

Resep toner alami ini bisa bertahan selama 3 hari kalau disimpan dalam kulkas. Resep toner alami ini baik untuk semua jenis kulit. Stroberi, mentimun dan air mawar bisa menyegarkan kulit wajah, mengencangkan pori-pori, membersihkan kulit, serta membuat kulit wajah sehat dan cerah.


5. Kapsul Vitamin E untuk Makeup Remover sekaligus Toner
Ada juga yang menggunakan vitamin E untuk membersihkan makeup wajah. Vitamin E yang berbentuk gel atau minyak bisa didapat dengan cara mengeluarkan isi dari kapsul vitamin E. Kemudian campur vitamin E ini dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni untuk membersihkan makeup wajah.

Tambahan vitamin E bermanfat untuk melembapkan kulit, hingga menyamarkan bekas luka termasuk stretchmarks. Selain untuk diminum, vitamin E juga bisa dioleskan langsung pada kulit.