Sabtu, 20 Juli 2019

8 Cara Tepat Memanfaatkan Mentimun untuk kecantikan kulit

,
8 Cara Tepat Memanfaatkan Mentimun untuk kecantikan kulit
Manfaat mentimun bisa didapat dengan cara mudah, tak perlu teknik khusus, dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Tapi tetap harus menggunakan cara yang tepat, supaya khasiat mentimun bisa didapat secara maksimal, dan pastinya supaya tidak ribet.

Mentimun sudah lama dikenal sebagai sayuran sehat dan menjadi bagian dari diet sehat. Selain memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh, mentimun juga terkenal memberi manfaat untuk kecantikan kulit, karena itu ekstrak mentimun banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama produk perawatan kulit.

Mentimun biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan kulit, dari membersihkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori, mengatasi kantung mata, mengatasi bintik wajah, hingga mengobati luka bakar akibat matahari.

Jadi seperti apa cara tepat menggunakan mentimun untuk kulit?

Mentimun biasa digunakan untuk berbagai kebutuhan kulit, dari membersihkan kulit wajah, mengatasi kantung mata, hingga mengobati luka bakar akibat matahari. Tapi seperti apa cara tepat menggunakan mentimun untuk kulit?

Berikut 8 Cara Memanfaatkan Mentimun untuk Kecantikan:

1. Sebagai pembersih wajah
Caranya cukup dengan mengusapkan irisan mentimun secara lembut ke kulit wajah, lalu bersihkan wajah dengan air kalau perlu. Air mentimun juga bagus digunakan sebagai pembersih makeup mata, selain untuk menghilangkan kantung mata.


2. Sebagai toner alami pengecil pori-pori
Mentimun bisa dibuat jadi toner alami yang efektif mengecilkan pori-pori kulit wajah. Ada dua cara menggunakan mentimun sebagai toner, yaitu:

- cara pertama adalah dengan hanya menggunakan air mentimun. Blender atau parut mentimun lalu peras airnya. Oleskan air mentimun ke kulit wajah dan leher dengan bantuan kapas atau tissue wajah.

- cara kedua adalah mencampur air mentimun dengan bahan lain. Campur air mentimun dengan cuka apel (apple cider vinegar), beberapa tetes air perasan lemon, sedikit putih telur, madu, gel lidah buaya, atau tomat.

Oleskan air mentimun ke kulit wajah dan leher secara merata, biarkan sekitar 10 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.


3. Face pack mentimun sebagai penyegar wajah
Face pack mentimun bisa digunakan untuk menyegarkan wajah yang kusam akibat cuaca panas dan polusi. Caranya dengan mencampur parutan ½ potong mentimun dengan 1 sendok makan yogurt plain (yogurt tanpa rasa).

Oleskan face pack mentimun ini ke kulit waah, biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin.


4. Mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata
Mentimun dikenal mampu mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata dengan mudah, cepat, dan aman. Kandungan antioksidan dan silika dalam mentimun bisa memperbaiki kondisi kulit dan membuat kulit terasa segar dan halus.

Mentimun juga bisa mengatasi mata lelah dan kantung mata. Menempelkan potongan mentimun di bawah mata bisa mengurangi retensi air sehingga membuat mata terlihat lebih segar.

Ada dua cara menggunakan mentimun untuk kebaikan kulit mata:
- Menempelkan potongan mentimun selama 20 menit di kulit bawah mata. Atau, pejamkan mata anda, lalu tempelkan potongan mentimun di atas kulit area mata.

- Tumbuk atau blender mentimun, lalu peras airnya. Celupkan kapas ke dalam air mentimun, lalu tempelkan kapas ke kulit area mata. Seperti menempelkan potongan mentimun.


5. Memperbaiki kondisi kulit
Saat mentimun digunakan sebagai masker wajah, mentimun bisa membuat kulit lebih cerah bersinar dan membuatnya terasa halus. Air mentimun juga bisa digunakan sebagai pembersih kulit wajah dan sebagai toner.

Cara lebih ampuh untuk memperbaiki kondisi kulit menggunakan mentimun adalah dengan mencampur air mentimun dengan air perasan jeruk lemon. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah.

Campuran air mentimun dan air lemon bisa menghilangkan bekas jerawat, mengatasi pigmentasi kulit, sehingga kulit wajah jadi lebih cerah dan mulus.


6. Mengurangi bintik-bintik wajah
Menggunakan mentimun sebagai toner pada wajah dan leher, mentimun bisa mengurangi bintik-bintik di wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.


7. Menyembuhkan luka bakar matahari (sunburn)
Mentimun sudah digunakan untuk mengatasi luka bakar sejak zaman dulu, tapi mentimun lebih efektif untuk mengatasi luka bakar matahari (sunburn). Efek mendinginkan dari mentimun bisa cara alami menenangkan luka sunburn dan mempercepat proses penyembuhan luka sunburn.

Ciri-ciri luka sunburn adalah kulit kemerahan, perih, menjadi lebih gelap, kadang bahkan mengelupas.


8. Mentimun untuk menghilangkan selulit
Mentimun bisa digunakan untuk menghilangkan selulit yang membandel.
Caranya: campur air mentimun dengan 1 sendok madu asli dan ½ gelas kopi bubuk. Aduk semua bahan hingga membentuk pasta masker. Kalau terlalu kental, tambahkan lagi air mentimunnya sampai kekentalannya cukup.

Oleskan campuran mentimun, madu dan bubuk kopi ini ke area kulit berselulit. Biarkan selama 30 menit, lalu bersihkan dengan air bersih. Mudah kan?

Anda tahu? Rutin makan mentimun setiap hari juga bisa mencegah munculnya selulit.


Cara untuk mendapat manfaat dari mentimun secara alami tidak sulit, kan?

Manfaatkan selalu mentimun untuk kebaikan wajah, maka wajah akan selalu terasa segar dan cerah. Memanfaatkan mentimun secara alami lebih baik dari menggunakan produk kecantikan buatan pabrik yang mengandung bahan kimia, pengawet, pewangi, dan pewarna.