Minggu, 07 Juli 2019

Efek Buruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan

,
Efek Buruk Lemon untuk Kesehatan dan Kecantikan
Konten [Tampil]
Buah lemon dan air perasan lemon mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal itu tidak diragukan lagi. Tapi, lemon juga memiliki efek buruk untuk kesehatan dan kecantikan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lemon mengandung asam tinggi dengan pH rendah, sehingga berbahaya untuk mereka yang memiliki perut sensitif. Kalau minum air lemon terlalu banyak, bisa menyebabkan kulit kering, lambung perih, dehidrasi, hingga masalah ginjal.

Lemon mengandung asam tinggi dengan pH rendah, sehingga berbahaya untuk mereka yang memiliki perut sensitif. Kalau minum air lemon terlalu banyak, bisa menyebabkan kulit kering, lambung perih, dehidrasi, hingga masalah ginjal.

6 Efek Buruk Lemon untuk Kesehatan

1. Heartburn
Heartburn (rasa panas dalam perut dan nyeri di dada). Minum terlalu banyak air lemon bisa memicu heartburn, atau membuatnya lebih buruk kalau Anda pernah mengalami heartburn. Kurangi makanan dan minuman mengandung asam untuk mencegah dan meredakan gejala heartburn.

2. GERD
GERD adalah singkatan dari  Gastroesphageal Reflux Disorder, yaitu gejala heartburn, mual, dan muntah. Gejala GERD bisa jadi lebih buruk oleh makanan berlemak, pedas, dan asam. Selain itu, air lemon yang asam juga bisa mengiritasi lapisan perut dan membuat maag sulit sembuh

3. Gangguan perut
Asam pada lemon bisa membuat perut tidak nyaman. Kadang, makanan mengandung asam memang bisa membantu mencerna makanan, tapi terlalu banyak asam bisa mengiritasi selaput lendir dan menyebabkan sakit perut, GERD, hingga heartburn.

4. Menyebabkan dehidrasi dan sering kencing
Meski jarang terjadi, tapi air lemon yang asam memiliki efek diuretik. Kandungan asam askorbat pada lemon bisa meningkatkan produksi urine dalam ginjal, sehingga membuat tubuh lebih sering mengeluarkan cairan berlebih (sering kencing). Dan terlalu sering kencing bisa menyebabkan tubuh dehidrasi.

5. Masalah ginjal dan gallbladder
Kulit buah lemon mengandung oxalates. Saat oxalates berada dalam cairan tubuh, oxalates bisa mengkristal dan menyebabkan masalah kesehatan. Untuk mereka yang memiliki atau pernah memiliki masalah ginjal dan gallbladder, sebaiknya tidak makan kulit lemon. Penelitian juga menunjukkan bahwa oxalates bisa menghalangi penyerapan kalsium dalam tubuh.

6. Gigi keropos
Banyak yang mengatakan bahwa air lemon bisa memutihkan gigi. Itu tidak salah, karena air lemon memang bisa melepaskan plak dan membuat gigi lebih putih. Tapi setelah itu asam pada air lemon bisa menyebabkan gigi keropos. Asam dari air lemon awalnya merusak enamel gigi, lalu membuat gigi sensitif, dan dalam jangka panjang banyak minum air lemon bisa membuat gigi keropos.

Selain itu, lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang merupakan antimicrobial kuat pencegah infeksi mulut. Tapi terlalu banyak minum air lemon bisa menyebabkan iritasi selaput lendir dan berpotensi menyebabkan sariawan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengkonsumsi lemon, supaya terhindar dari efek buruk lemon:
- hati-hati minum atau makan asam (bukan hanya lemon), kalau Anda memiliki perut sensitif atau pernah mengalami heartburn.
- gunakanlah sedotan saat minum air lemon, supaya air lemon tidak mengenai gigi saat diminum.
- minumlah air lemon tidak lebih dari satu gelas per hari. Satu gelas air lemon ini bisa didapat dari perasan setengah buah lemon dicampur dengan ¾ gelas air putih hangat atau dingin. 
- untuk mengurangi rasa asam dari air lemon, campurlah air lemon dengan air putih dan madu. Atau gunakan air perasan lemon sebagai bumbu pada makanan.


Efek Buruk Lemon untuk Kecantikan

Air lemon memang bermanfaat untuk kecantikan kulit, karenanya air lemon banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam kosmetik dan produk perawatan kulit. Air lemon dipercaya bisa mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat, dan bintik hitam.

Tapi, air lemon juga memiliki efek samping yang bisa memperburuk kondisi kulit.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengoleskan air lemon pada kulit:

1. Jangan oleskan air lemon pada kulit berjerawat
Asam pada air lemon bisa membuat jerawat perih bahkan berdarah.

2. Jangan oleskan air lemon pada kulit kering
Air lemon baik digunakan pada kulit berminyak, karena bisa mengurangi kadar minyak wajah. Dan karena itu juga, air lemon bisa membuat kulit normal menjadi kering, dan membuat kulit kering semakin kering.

3. Campur air lemon dengan air atau madu
Ingatlah untuk selalu mencampur air lemon dengan air putih supaya tidak perih saat dipakai. Air lemon juga bisa digunakan sebagai masker wajah dengan cara mencampurnya dengan madu.

Kalau Anda memiliki kulit berminyak tanpa jerawat, maka silahkan gunakan air lemon untuk membersihkan wajah dan mengontrol kadar minyak wajah.


Kesimpulan:
Lemon memang buah bermanfaat yang telah banyak digunakan dalam kuliner dan pengobatan, karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tapi jika dikonsumsi terlalu banyak dan digunakan secara salah, lemon bisa menimbulkan efek buruk untuk kesehatan dan kecantikan.

Karena itu, minumlah air lemon secukupnya (satu porsi per hari), dan gunakan air lemon dengan cara yang baik saat dioleskan pada kulit.