Minggu, 28 Juli 2019

Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air

,
Inilah 20 Alasan Tubuh Kita Butuh Banyak Air
Air membentuk dua per tiga tubuh, dan mempengaruhi 100 persen proses dalam tubuh. Itu menjelaskan secara singkat alasan tubuh butuh banyak air. Kita butuh asupan air yang cukup setiap hari supaya tubuh tidak kekurangan cairan.

Air membentuk dua per tiga tubuh, dan mempengaruhi 100 persen proses dalam tubuh.

Inilah 20 Alasan Tubuh Butuh Banyak Air

1. Menyeimbangkan cairan tubuh
Sekitar 60 persen1) tubuh manusia terbuat dari air, dan menjaga keseimbangan cairan tubuh berarti memastikan cairan melakukan tugasnya dengan baik, seperti: mengantarkan nutrisi ke seluruh tubuh, membantu pencernaan, mengatur suhu tubuh, dan sebagainya.

2. Air memberi energi pada tubuh
Kelelahan adalah tanda pertama dari dehidrasi, dan minum beberapa gelas air bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk.

3. Melancarkan pencernaan
Air membantu tubuh untuk, hmm, buang air dengan melarutkan lemak dan serat. Minum cukup air dapat mencegah konstipasi2), mengurangi beban ginjal dan hati dengan cara membantu membersihkan kotoran.

Pada usus besar, air bekerja sama dengan serat untuk melembekkan kotoran hingga lebih mudah untuk dibuang. Saat tubuh kekurangan cairan, usus besar menarik air dari kotoran sehingga meningkatkan resiko konstipasi.

4. Membantu menurunkan berat badan
Menambah asupan air bisa membantu siapa pun yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Penelitian menemukan bahwa mereka yang minum air sebelum makan bisa menurunkan berat badannya lebih cepat dibanding mereka yang tidak minum sebelum makan atau bahkan dari yang kekurangan air minum. Penambahan H2O bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, juga meningkatkan metabolisme tubuh3).

5. Membuat kulit sehat dan cantik
Minum air menjaga kelembapan alami kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah keriput, dan membersihkan kulit dari dalam.

6. Membuat ginjal bekerja
Ginjal4) membersihkan kotoran dari tubuh, membantu mengendalikan tekanan darah, dan menyeimbangkan cairan; karena itu ginjal memegang peranan penting untuk menjaga sistem dalam tubuh berjalan lancar. Satu cara agar ginjal bekerja dengan baik adalah dengan memastikan kecukupan asupan air, agar ginjal selalu dalam kondisi prima.

7. Asupan air berhubungan dengan kesehatan jantung
Penelitian5) menunjukkan bahwa banyak minum air bisa mengurangi resiko kematian akibat penyakit jantung koroner, sementara banyak minum cairan penambah energi, seperti soda dan minuman berenergi, bisa meningkatkan resiko penyakit tersebut. Karena itu, air putih atau air kelapa asli adalah alternatif terbaik sebagai minuman penambah energi.

8. Melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker
Penelitian menemukan bahwa semakin banyak asupan air, semakin kecil resiko kanker kandung kemih6). Hasil penelitian ini semakin signifikan saat cairan yang digunakan adalah air. Satu alasan yang paling mungkin adalah karena sering buang air kecil bisa mencegah pembentukan karsinogen penyebab kanker kandung kemih. Tetap terhidrasi juga bisa mengurangi resiko kanker usus besar dan kanker payudara7).

9. Melindungi sendi dan tulang rawan
Air melumasi sendi8) serta menjaga tulang rawan di sekitar sendi terhidrasi dan lentur. Air juga melindungi urat saraf tulang belakang dan urat, menjaga tubuh tetap sehat dari dalam maupun luar.

10. Minum air bisa mencegah sakit kepala secara alami
Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala parah pada sebagian orang. Sakit kepala seperti ini bisa reda hanya dengan minum 2-4 gelas air dalam 2-3 jam.

11. Air membantu untuk berpikir lebih jernih dan waspada
Dehidrasi menyebabkan penyempitan jaringan otak, sehingga saat kekurangan air otak harus bekerja lebih keras. Selain itu, dehidrasi juga bisa mengganggu perhatian, daya ingat dan kemampuan motorik. Jika butuh berkonsentrasi9) untuk waktu yang lama, selalu siapkan air di tempat yang mudah diraih untuk membantu tubuh dan otak tetap segar, terhidrasi, dan fokus. 

12. Minum air meningkatkan mood
Terutama pada wanita, dehidrasi sekecil apa pun bisa menyebabkan tubuh lesu, mengganggu daya pikir, yang kemudian merusak mood.

13. Minum air untuk melepas lelah, dan memberi energi saat olahraga
Air menjadi bagian penting saat olahraga, terutama untuk mencegah dehidrasi selama menjalani latihan berat. Olahraga di musim panas menyebabkan tubuh kehilangan cairan lebih banyak melalui keringat. Sementara olahraga di musim dingin menyebabkan tubuh kehilangan cairan melalui sistem pernafasan -kita cenderung bernafas lebih sering dan lebih berat saat cuaca dingin.

Selain itu, kita cenderung merasa tidak haus saat cuaca dingin meski telah berolahraga berat. Hal-hal tersebut menyebabkan tubuh dehidrasi.

14. Minum air menghilangkan mabuk
Minum alkohol menyebabkan dehidrasi, yang mengarah pada mabuk. Minum segelas air setelah minum seteguk alkohol bisa mencegah mabuk.

15. Berkumur membuat kita lebih sehat
Cukup minum dan berkumur secara teratur bisa mengurangi resiko terkena infeksi saluran pernafasan, dan mencegah flu.

16. Berendam baik untuk tubuh dan pikiran
Berenang telah terbukti bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental dalam jangka panjang, sementara berlari dan aerobik dalam air adalah pilihan tepat bagi siapa pun yang ingin latihan-kardio-tanpa-resiko. Beberapa olahraga air lain yang bisa jadi pilihan adalah: aqua spinningwater aerobics10), dan hit the pool11). Bahkan sekedar berendam atau menyelam pun bisa memberi ketenangan pada pikiran.

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa mereka yang merasa kesepian menghabiskan lebih banyak waktu saat berendam atau mandi air hangat, menggantikan kehangatan fisik untuk kehangatan emosi. Mandi air hangat juga membuat tubuh lebih relax dan membersihkan lebih baik dibanding air dingin.

17. Membersihkan kaki dengan air hangat sebelum tidur membantu tidur lebih nyenyak
Sebuah penelitian kecil12) menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki masalah tidur bisa tidur lebih baik pada malam hari setelah membersihkan dan merendam kakinya dalam air hangat.

18. Air meredakan hidung mampet
Baik dengan cara menghirup uap panas, ataupun menggunakan air hangat untuk membersihkan hidung mampet. Air garam juga bisa menjadi alternatif untuk membersihkan hidung mampet.

19. Air untuk membersihkan tanpa racun
Air adalah sarana terbaik untuk membersihkan tubuh, pakaian, perabot, rumah dan lainnya. Air adalah alat kebersihan terbaik meski tidak ditambah dengan bahan kimia, sehingga baik untuk kesehatan tubuh, rumah dan lingkungan.

20. Uap panas baik untuk jantung, meredakan sakit dan membantu relaksasi
Relaksasi di sauna13) bisa meredakan masalah mood dan baik untuk kesehatan jantung, karena ini sangat menenangkan. Hanya dengan duduk di sauna selama 15 menit setiap hari bisa meningkatkan fungsi jantung dan daya pompa darah, juga bisa meningkatkan kemampuan berolahraga. Spa terapi juga menjadi perawatan efektif untuk meredakan sakit dan masalah rematik.


Tinggal di dekat air baik untuk kesehatan. Baik di dekat danau, sungai, atau sumber air lain. Bukan hanya untuk diminum dan digunakan untuk mandi, tapi tinggal di dekat sumber air juga bisa memberikan kesegaran dan ketenangan pada pikiran. Suara air mengalir juga memiliki efek terapi yang bisa memperbaiki mood dan mengurangi stress.


Referensi:
1) http://ga.water.usgs.gov/edu/propertyyou.html
2) http://digestive.niddk.nih.gov/ddiseases/pubs/constipation/
3) http://press.endocrine.org/doi/full/10.1210/jc.2003-030780
4) http://www.kidney.org/kidneydisease/howkidneyswrk.cfm
5) http://aje.oxfordjournals.org/content/155/9/827.full
6) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2072844/
7) http://www.rcn.org.uk/__data/assets/pdf_file/0008/70379/3.2_Wise_Up_-_Cancer_Final.pdf
8) http://www.dorchesterhealth.org/water.htm
9) http://edition.cnn.com/2006/WORLD/europe/12/01/shortcut.stayawake/index.html
10) http://www.medicaldaily.com/how-water-aerobics-help-you-stay-fit-and-live-longer-247119
11) http://runnersconnect.net/running-injury-prevention/deep-water-running-for-cross-training/
12) http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2574895/
13) http://www.newscientist.com/article/dn21206-saunas-could-heal-your-mood-and-your-heart.html#.UsR9s2RDvhk