Senin, 15 Juli 2019

Inilah 7 Makanan Penambah Kolagen untuk Mengatasi Penuaan Dini

,
Inilah 7 Makanan Penambah Kolagen untuk Mengatasi Penuaan Dini
Konten [Tampil]
Kolagen adalah protein yang terdapat dalam tulang, kulit, otot, dan tendon (jaringan penghubung otot dan tulang). Dalam hal kecantikan, kolagen berfungsi menguatkan kulit, menjaga keelastisan kulit, dan membantu menggantikan sel-sel kulit mati.

Tubuh manusia secara alami memproduksi kolagen. Namun seiring bertambah usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen semakin menurun, ini ditandai dengan kulit yang mengendur, kulit keriput, sendi kaku, pencernaan tidak lancar, dan mudah lelah.

Berkurangnya kadar kolagen dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh banyak makan gula, merokok, dan paparan sinar matahari. Untungnya, kita bisa membantu tubuh memproduksi kolagen lebih banyak dengan menu makan sehat.

Karena ada beberapa makanan yang bisa mendorong produksi kolagen dalam tubuh secara alami. Kolagen dari makanan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit, tapi juga untuk kesehatan sendi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kolagen dari makanan bermanfaat untuk kesehatan kulit, juga untuk kesehatan sendi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kolagen berfungsi membuat membuat kulit kuat, elastis, dan menggantikan sel-sel kulit mati.

Makan makanan penambah kolagen ini untuk tetap awet muda:

1. Kaldu tulang
Kaldu tulang, terutama kaldu tualng ayam, merupakan sumber kolagen terbaik dan merupakan cara paling efektif untuk memperoleh protein hewani. Kaldu tulang bisa diperoleh dari kuah sup tulang yang dimasak dengan cara merebus tulang sapi, atau tulang ayam lalu digodok berkali-kali selama beberapa hari.

Proses penggodokan ini membuat tulang dan ligamen melepaskan senyawa penyembuh seperti kolagen, proline, glycine, dan glutamine yang bagus untuk kesehatan kulit. Selain rasanya lezat, kaldu tulang juga melepaskan kolagen yang lebih mudah diserap tubuh dibanding kolagen dari jenis makanan yang lain.


2. Buah dan sayuran merah
Buah dan sayuran berwarna merah, seperti bell pepper, bit, dan tomat mengandung vitamin C yang bisa membantu produksi kolagen dalam tubuh. Selain itu, buah dan sayuran merah juga merupakan sumber utama lycopene.

Cukup makan buah dan sayur merah secara teratur bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, karena lycopene bisa memproduksi SPF alami dalam tubuh.

Makan buah dan sayur merah lalu menggunakan sunscreen setiap kali akan keluar rumah, maka kulit akan mendapatkan perlindungan yang dibutuhkan dari bahaya paparan sinar matahari.


3. Buah sitrus
Buah-buahan sitrus adalah berbagai jenis jeruk, seperti jeruk mandarin, lemon, grapefruit (jeruk bali merah), dan jenis buah jeruk lainnya.

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, karena itu kita perlu mengkonsumsi buah-buah sitrus setiap hari. Jumlah vitamin C yang dibutuhkan setiap hari adalah 75-90 miligram per hari, dan kebutuhan vitamin C ini bisa ditutupi hanya dengan makan buah sitrus satu porsi per hari. 


4. Bumbu dapur
Bumbu dapur seperti jahe, kayu manis, dan saffron (kuma-kuma) mengandung banyak mangan. Di mana mangan merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan enzime polidase, yaitu enzime yang berfungsi menyediakan amino acid dan proline penting untuk pembentukan kolagen.


5. Ikan salmon
Selain vitamin C, tubuh juga membutuhkan asam lemak omega-3 untuk memproduksi kolagen. Dan ikan salmon merupakan sumber penting dari asam lemak omega-3. Makan satu porsi ikan salmon tiga kali per minggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3.

Untuk mereka yang kesulitan makan ikan salmon, maka suplemen minyak ikan bisa jadi pilihan, pengganti ikan salmon. Suplemen minyak ikan pastinya lebih mudah didapat, lebih murah, dan mengandung mineral lain yang juga penting untuk kesehatan tubuh.


6. Daging kalkun
Sering makan daging kalkun tidak hanya bisa melindungi kolagen dari kerusakan, tapi juga membantu tubuh memproduksi kolagen. Makan daging kalkun secara teratur bisa menghasilkan kulit yang lebih kuat dan sehat.


7. Tiram
Tiram mengandung banyak copper, yaitu mineral yang membantu tubuh memproduksi kolagen dan elastin. Tiram juga terkenal sebagai makanan afrodisiak (makanan pembangkit gairah seksual), karena itu disarankan untuk tidak berlebihan makan tiram setiap hari.


Perlu diketahui bahwa ada banyak faktor yang mendukung pembentukan dan penyerapan kolagen dalam tubuh, seperti vitamin C, mangan, copper, proline, anthocyanidin. Selain itu, supaya kolagen bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh, kita perlu memastikan bahwa menu makan kita kaya akan mineral penting tersebut.

Selain 7 jenis makanan yang sudah disebutkan di atas, buah-buahan seperti blueberry, ceri, dan blackberry juga penting untuk penyerapan kolagen. Mineral penting juga bisa didapat dari suplemen, sebagai alternatif praktis untuk yang kurang makan menu sehat setiap harinya.

Sebagai tambahan, kolagen untuk kulit juga bisa diperoleh dari produk perawatan kulit seperti cream pelembap. Tapi, molekul dari produk perawatan kulit ini biasanya terlalu besar untuk diserap oleh kulit. Karena itu, mendapatkan kolagen dari makanan (terutama kaldu tulang) adalah cara terbaik.