Sabtu, 03 Agustus 2019

6 Cara Tepat Menggunakan Alpukat untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

,
6 Cara Tepat Menggunakan Alpukat untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Banyak yang sudah tahu bahwa buah alpukat, atau disebut juga avokad, memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Alpukat bisa mengatasi kulit kering, meredakan puffy eyes, hingga melembutkan rambut. Tapi anda perlu tahu cara tepat menggunakannya, jangan asal pakai.

Banyak yang tahu bahwa alpukat bermanfaat untuk kecantikan, bisa mengatasi kulit kering, meredakan puffy eyes, hingga melembutkan rambut. Tapi tidak banyak yang tahu cara tepat menggunakannya.

Cara Tepat Menggunakan Alpukat untuk Kecantikan

Manfaat kecantikan dari buah alpukat bisa didapat dari dalam dengan cara memakan buah alpukat segar, atau dari luar dengan cara dibuat masker, eye cream, masker rambut, ataupun hair conditioner. Silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan anda:

Inilah 6 Cara Mudah dan Tepat Menggunakan Alpukat untuk Kecantikan

1. Masker alpukat untuk kulit kering dan dehidrasi
Resep Masker Alpukat Untuk Kulit Kering
Bahan yang diperlukan: ½ buah alpukat, dan 2 sendok makan madu.
Cara membuat: campur alpukat dan madu hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke kulit wajah hingga merata, dan biarkan selama 10-20 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.

Solusi tambahan:
Kalau kondisi kulit kering dan dehidrasi sudah lebih parah, maka tambahkan 1 sendok teh extra virgin olive oil (minyak zaitun ekstra murni) pada resep masker alpukat untuk mendapatkan kulit wajah ekstra lembap dan lembut..

Jika tidak ada madu atau minyak zaitun, maka cukup gunakan alpukat saja sebagai masker wajah, tidak perlu ditambah bahan lain. Remas atau tumbuk buah alpukat hingga berbentuk pasta, lalu oleskan ke kulit wajah hingga merata.

Biarkan masker alpukat selama 15 menit, setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Gunakan masker alpukat ini rutin seminggu dua kali untuk mendapatkan kulit lembap dan lembut.

2. Irisan alpukat untuk meredakan puffy eyes (mata sembap dan lelah)
Cara meredakan mata sembap dan lelah dengan buah alpukat adalah: iris tipis buah alpukat hingga membentuk bulan sabit, lalu tempelkan irisan alpukat ke kulit bawah mata selama 20 menit. Setelah itu bersihkan kulit bawah mata dengan lembut.

3. Buat eye cream alpukat untuk menghilangkan kerutan di sekitar mata
Resep Avocado Eye Cream
Bahan: 5 tetes minyak almond, dan 3 iris tipis alpukat.
Cara membuat: campur minyak almond dengan irisan alpukat hingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit sekitar mata selama 5 menit, lalu bersihkan. Lakukan hal ini setiap malam sebelum tidur untuk menghilangkan garis halus dan kerutan di sekitar mata.

4. Gunakan alpukat untuk melembutkan kulit tangan
Resep Avocado Hand Moisturizer
Bahan yang dibutuhkan: ¼ buah alpukat, 1 butir putih telur, 2 sdm oatmeal, 1 sdt air lemon.
Cara membuat: campur semua bahan kemudian oleskan ke tangan. Biarkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

5. Manfaatkan alpukat untuk melembutkan rambut
Resep Alpukat untuk Perawatan Rambut
Bahan: 1 buah alpukat, 1 butir kuning telur, ½ sendok teh minyak zaitun.
Cara membuat: Campur semua bahan dalam mangkuk, lalu usapkan ke rambut hingga merata dan biarkan selama 30 menit atau lebih. Setelah itu bersihkan rambut menggunakan shampoo seperti biasa.

Lakukan dua kali seminggu atau sekali seminggu untuk memperoleh rambut lembut dan bersinar seperti sutra.

6. Alpukat sebagai hair conditioner
Resep Avocado Hair Conditioner
Caranya: campur alpukat dan santan kelapa hingga membentuk pasta, lalu usapkan ke rambut secara merata. Biarkan selama 10-15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih.


Itulah 6 cara tepat dan mudah menggunakan buah alpukat untuk kecantikan kulit dan rambut. Silahkan pilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.