Rabu, 05 Februari 2020

Tak Hanya Sekedar Jadi Tanaman Hias, Tanaman Anggrek juga Banyak Manfaat Dalam Kehidupan

, , , ,
Tak Hanya Sekedar Jadi Tanaman Hias, Tanaman Anggrek juga Banyak Manfaat Dalam Kehidupan
Konten [Tampil]
Tanaman Anggrek
Tak Hanya Sekedar Jadi Tanaman Hias, Tanaman Anggrek juga Banyak Manfaat Dalam Kehidupan - Tanaman Anggrek salah satu tipe bunga yang mempunyai banyak warna bunga, spesies yang lumayan banyak serta wilayah persebarannya juga luas. Anggrek bukan sekedar dapat ditanam dan dibudidayakan dalam tempat dataran tinggi namun anggrek juga bisa ditanam di dataran rendah. 

Tidak hanya mempunyai corak warna pada bunganya yang berbagai macam anggrek mempunyai Manfaat jika di tanam dilingkungan sekitar rumah. Sehingga pantaslah jika tanaman ini memilik banyak yang menyukai, baik golongan wanita atau pria baik yang telah pakar dalam menanam atau yang baru memulai.

Manfaat Tanaman Anggrek Dalam Kehidupan

Tanaman Anggrek ini ternyata memiliki banyak manfaat dalam kehidupan manusia, dimana tidak hanya menghasilkan aroma wangi tapi juga bentuk yang menarik. So, di bawah ini adalah beberapa manfaat Tanaman Anggrek, antara lain:

Pengharum/Pewangi Ruangan

Bunga anggrek mempunyai aroma yang harum, banyak produsen-produsen besar memanfaatkan bunga anggrek jadi pengharum ruangan. Dalam catatan riwayat, aroma harum bunga anggrek dipercaya jadi wangi beberapa kaisarnya. Beberapa dari warga Cina atau produsen besar memproses bunga anggrek jadi pengharum ramuan cinta. Sebab anggrek dilambangkan jadi lambang dari keromantisan cinta yang ikhlas dan dalam.

Hiasan dan Penghilang Stress

Sama dengan tanaman lain yang membuahkan bunga, anggrek biasanya dipakai jadi penghias untuk mempercantik sisi depan rumah atau taman. Warna-warni bunganya yang demikian indah dimata pasti membuat siapa saja yang memandangnya akan merasakan ketenangan dalam jiwa, maka beberapa dari beberapa periset yang mengatakan Manfaat dari menanam anggrek dilingkungan sekitar dapat menghilangkan rasa kejenuhan atau stress.

Sebagai Obat Herbal

Kemungkinan sedikit yang mengetahui jika anggrek bisa digunakan untuk pengobatan herbal. Salah satunya tipe anggrek yang bisa jadikan jadi obat herbal ialah anggrek merpati. Anggrek merpati sering dipakai jadi obat kanker otak, batuk kering serta rematik. Sebab di dalam kandungannya ada zat kardenolin, polifenol dan flavonoid.

Digunakan sebagai Bahan Makanan

Tidak hanya jadi obat herbal, kemungkinan beberapa orang belum tahu jika di sejumlah negara, anggrek digunakan jadi bahan makanan. Contohnya Thailand dan Singapura yang memproses anggrek jadi makanan ringan atau bumbu masakan, mengenai salah satu tipe anggreknya ialah anggrek terestrial orchis mascula.

Mengurangi Polusi Udara Bebas

Pada hakekatnya semua tanaman dapat berguna untuk mencegah polusi-polusi udara yang tidak baik bagi kesehatan paru-paru. Begitu juga dengan anggrek, dengan menanam anggrek di sekitar lingkungan rumah pasti bermanfaat untuk keberlangsungan udara di sekitar rumah jadi fresh, sehat dan pastinya nyaman.

Bahan Kecantikan

Warna bunganya yang cukup beragam yang cantik nyatanya dapat jadikan jadi bahan kecantikan. Terutama tipe anggrek pink. Pada anggrek pink ada kandungan fenol yang bisa memperlambat proses penuaan dini. Disamping itu pada anggrek ini ada beberapa zat lain, seperti anthocyanin, flavonoid serta polisakarida yang bisa mencerahkan kulit muka.

Itulah beberapa manfaat Tanaman Anggrek yang bisa kami ulas untuk Anda. Sebenarnya ini tidak banyak yang mengetahuinya, karena memang kebanyakan orang tidak peduli dan hanya memanfaatkannya sebagai tanaman hias di rumah atau di taman.

Tapi rasanya setelah Anda mengetahui beberapa manfaat dari Tanaman Anggrek ini, Anda tentu tidak akan membuang manfaatnya yang sangat luar biasa bukan? Maka dari itu jika Anda memiliki jenis tanaman ini di rumah, rawat dengan baik. Siapa tahu akan sangat bermanfaat di kala Anda benar benar memerlukannya.

Sumber Gambar : https://www.cleanipedia.com/images/v2/ae0d9209c3efb89e7babc0759a294512-1800w-1200h.webp