Selasa, 03 Maret 2020

Tips Memilih Baby Playmat yang Aman Bagi Si Kecil

, , , , ,
Tips Memilih Baby Playmat yang Aman Bagi Si Kecil
Konten [Tampil]
Tips Memilih Baby Playmat yang Aman Bagi Si Kecil - Memiliki buah hati tentu menjadi impian yang di idamkan bagi pasangan suami istri. Untuk menjaga buah hatinya tumbuh dengan sehat, tentunya kita juga tidak main main dalam menyediakan arena bermain dan lingkungan sekitar yang ramah bagi si kecil. Termasuk salah satunya adalah baby playmat yang akan sering digunakan si kecil ketika sudah mulai aktif bergerak.

Tips Memilih Baby Playmat yang Aman Bagi Si Kecil

Anda tentu tidak ingin buah hati anda bermain dengan baby playmat yang tidak aman dan tidak mengedukasi untuk sikecil bukan? Oleh Karena itu simak beberapa tips penting sebelum anda memutuskan untuk membeli baby playmat sebagai berikut :
  • Pilih Baby Playmat yang Memiliki Permukaan Rata

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika mau membeli baby playmat adalah bagian permukaan yang bersentuhan dengan kulit bayi langsung. Sebaiknya, Anda memilih  playmat yang permukaannya tidak bergelombang. Kondisi ini penting karena si kecil akan berada di atas playmat sepanjang waktu ketika dia sedang bermain. Bila tidak rata, ada kemungkinan si kecil terpeleset ataupun lecet karena kulit bayi juga masih sensitif.
  • Pilih Baby Playmat yang Bahannya Lembut Tapi Tebal

Kenapa harus pilih baby playmat yang berbahan tebal? Karena stabilitas si kecil masih belum sempurna sehingga ada kemungkinan dia jatuh dan terantuk lantai. Dengan menggunakan baby playmat yang menggunakan bahan yang lembut, setidaknya kepala si kecil akan lebih aman dibandingkan ketika menggunakan playmat yang kasar dan tipis bahannya.
  • Pilih Baby Playmat yang Mudah Ketika Dibersihkan

Si kecil akan berada diatas playmat setiap hari. Bahkan termasuk makan, minum, buang air besar dan kecil sekalipun, jadi tentu akan ada kotoran yang menempel diatas playmat nya. Oleh karena itu, dengan memilih baby playmat yang mudah dibersihkan ketika ada kotoran yang menempel. Yang lebih bagus sih kalau bisa playmat nya anti-air.
  • Pilih Baby Playmat yang Penuh Warna dan Gambar yang Menarik

Memilih Babay Playmat bukan sekadar mencari alas untuk kenyamanan dan keamanan si kecil saja. Namun, carilah playmat yang bisa merangsang kemampuan sensoriknya. Untuk melatih kemampuan sensorik itu anda bisa memilih playmat yang penuh dengan gambar dan warna yang menarik.

Tidak hanya warna, si kecil juga harus dikenalkan dengan berbagai bentuk. Pilih playmat yang memiliki motif benda-benda dasar yang mudah dikenali anak. Contohnya kotak, bola, atau boneka. Sekarang juga tersedia Playmat baru yang menyediakan mainan tiga dimensi didalamnya. Jadi, tangan si kecil bisa sekalian meraih boneka atau mainan yang menempel di playmat maupun yang berbentuk benda 3D.

Dengan begitu, keterampilan kognitif dan sensor motoriknya tetap terasah, selain dengan sensor mata dan kemampuan motoriknya. Namun, yang paling penting adalah si kecil menyukai bentuk dan warna yang ada.

Cari Playmat yang memiliki warna cerah dan menarik perhatian. Kalau bisa yang ada gambar-gambar lucu. Bahkan lebih baik lagi jika membeli playmat dengan dengan gambar tematik, misalnya ada motif angka sehingga si kecil juga bisa mengenal angka.
  • Cari Baby Playmat yang Mudah Disimpan

Pilihlah baby playmat yang mudah disimpan, jangan yang terlalu berat dan kaku ketika dilipat. Karena kita tahu walaupun dalam ruangan ber-AC sekalipun, tetap akan ada debu yang menempel pada mainan dan playmatnya. Jadi setidaknya 3 hari sekali harus dibersihkan. Solusinya adalah dengan membeli playmat yang lentur dan mudah dibersihkan.

Jadi, sudahkan Anda memiliki gambaran mengenai hal hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli baby playmat buat sikecil? Semoga ulasan diatas bermanfaat!