Rabu, 06 Mei 2020

Tambah Pengetahuan Islami di Bulan Ramadhan dengan Tanya Jawab Ramadhan Lewat Aplikasi Umma

, ,
Tambah Pengetahuan Islami di Bulan Ramadhan dengan Tanya Jawab Ramadhan Lewat Aplikasi Umma
Konten [Tampil]
Tanya Jawab Ramadhan
Tambah Pengetahuan Islami di Bulan Ramadhan dengan Tanya Jawab Ramadhan Lewat Aplikasi Umma - Semakin berkembangnya teknologi saat ini tentu saja juga membawa kemudahan bagi manusia. Semuannya bisa dilakukan hanya lewat genggaman tangan kita. Belajar, bekerja, menonton film semuanya bisa dilakukan lewat smartphone yang kita miliki. Apalagi saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi-aplikasi untuk smartphone android yang bisa memenuhi kebutuhan kita.

Tambah Pengetahuan Islami di Bulan Ramadhan dengan Tanya Jawab Ramadhan Lewat Aplikasi Umma

Salah satu aplikasi untuk umat Islam di Indonesia yang cukup populer adalah aplikas Umma. Dengan banyaknya fitur yang ada pada aplikasi Umma ini tentu saja bisa membawa manfaat bagi kita umat Islam di Indonesia. Salah satu fitur yang paling bermanfaat di aplikasi umma pada bulan suci Ramadhan ini adalah fitur QnA Umma yang berguna sebagai Tanya Jawab Ramadhan.

Fitur QnA Atau Tanya Jawab di Aplikasi Umma

Umma adalah aplikasi yang dibuat dan didedikasikan khusus untuk umat Islam di Indonesia. Pada aplikasi Umma ini memiliki beragam fitur yang bisa bermanfaat untuk kita dalam menambah wawasan, pengetahuan serta memperdalam ilmu ajaran agama Islam.

Fitur QnA Umma ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita Umat Islam yang masih kebingungan mengenai ajaran-ajaran, atau hukum memakan, melakukan sesuatu apakah boleh dilakukan (halal) atau tidak boleh dilakukan (Haram) atau juga bisa makruh.

Dengan fitur ini kita bisa bertanya mengenai apa yang kita belum ketahui seputar ajaran Agama Islam, dimana nantinya akan dijawab atau mendapatkan jawaban dari Ustadz yang berpengalaman dan lebih tahu dibandingkan diri kita. Untuk membuat pertanyaanya pun cukup mudah, kita hanya perlu membuat sebuah akun saja sudah bisa membuat QnA atau pertanyaan di aplikasi Umma ini.

Nah karena di fitur QnA Umma ini nantinya yang menjawab adalah Ustadz tentu saja informasi atau pengetahuan yang diberitahukan oleh Ustadz ini valid berdasarkan Hadist atau juga bisa berdasarkan ayat sui Al Qur’an.

Lalu apakah kita bisa menjawab pertanyaan dari orang lain? Dalam aplikasi Umma ini yang bisa menjawab QnA di aplikasi Umma hanya ustadz yang dimiliki atau sudah diberi tugas oleh Umma untuk menjawab semua peratnyaan yang diajukan oleh para penggunanya. Jadi kita sebagai sesama pengguna hanya bisa memberikan komentar atau juga bisa membagikan QnA tersebut di sosial media kita, siapa tau bisa membawa manfaat bagi orang lain yang juga ingin mengetahui tentang hukum atau ajaran agama Islam.

Dengan adanya fitur Umma QnA ini juga bisa menambah ilmu dan wawasan kita. Jika sebelumnya kita melakukan tanya jawab melalui Majelis Ta’lim atau suatu perkumpulan, nah karena saat ini tengah ada Pandemi Covid-19 yang membuat semua kumpul-kumpul atau keluar rumah dilarang, anda manfaatkan saja fitur QnA dari Umma ini. Toh juga yang menjawab pertanyaan kita adalah Ustad yang sudah pasti menjawab berdasarkan ilmu Hadist dan juga Ayat Suci Al Quran.

Cara Melakukan QnA di Aplikasi Umma

1. Pertama anda harus mengunduh dulu aplikasi Umma ini, anda bisa mendapatkannya di Playstore.
2. Setelah itu anda buka aplikasi Umma Ramadhan ini dan login dengan akun yang anda miliki, jika anda belum memiliki akun maka anda harus membuat akun terlebih dahulu.
3. Setelah berhasil login anda cari menu QnA atau “Tanya Jawab Ramadhan” di aplikasi Umma ini.
4. Setelah itu anda pilih Tambahkan Pertanyaan.
5. Kemudian anda tinggal menulis pertanyaan. Tulis pertanyaan dengan baik dan benar ya supaya tidak terjadi salah paham.
6. Selesai anda hanya tinggal menunggu jawaban dari pertanyaan yang anda kirimkan.